Penyebab Bearing Cepat Rusak

Tuesday, November 22nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Bearing Cepat Rusak – Bearing pada susunan roda atau yang lebih dikenal dengan sebutan laher merupakan komponen besi dengan bentuk bulat kecil yang tugasnya menjaga supaya as atau poros roda tidak secara langsung bergesekan dengan komponen rumah roda.

Penyebab Bearing Cepat Rusak

Penyebab Bearing Cepat Rusak

Penyebab Bearing Cepat Rusak (Sumber Gambar : bindayel)

Bearing atau laher yang mempunyai kinerja kerja dengan baik bisa mengurangi gesekan ketika ban berputar. Putaran roda tersebut pun menjadi halus dan lancar. Sebaliknya, apabila bearing yang sudah tak sempurna, seperti ‘oblak’, menjadikan putaran ban tak maksimal dan cenderung kasar.

Sebenarnya, sebagaimana pada komponen pada lainnya, bearing atau laher lama-kelamaan akan rusak. Akan tetapi ada beberapa situasi dan kondisi yang menyebabkan bearing lebih cepat rusak. Apa sajakah?

Penyebab laher atau bearing rusak bukanlah dikarenakan kualitas bearing itu sendiri. Akan tetapi lebih kepada beberapa penyebab eksternal, meskipun bearing yang digunakan kualitasnya cukup bagus.

Penyebab laher atau bearing cepat rusak tersebut lebih pada kondisi jalanan. Seperti pada motor yang banyak melintasi atau melibas polisi tidur dengan seenaknya, melewati jalanan yang rusak, dan kerap membawa beban yang berat.

Selain dari itu, bearing atau laher yang kurang pelumas pun rentan oblak. Dengan demikian, supaya tak cepat rusak, pemilik maupun pengguna motor pula dianjurkan menambahkan pelumas, utamanya pada bagian sisi bearing pada roda yang terbuka.

Sebagai pengetahuan tambahan, bearing atau laher rusak ditandai oleh beberapa gejala. Semisal, ban yang terasa goyang ketika melakukan pengereman, kendaraan yang terasa oleng, dan stang yang dirasa `membuang`.

Penyebab Bearing Cepat Rusak | Rudiyanto | 4.5