Penyebab Bodi Mobil Kusam Setelah Dipoles

Thursday, July 13th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Bodi Mobil Kusam Setelah Dipoles – Membuat tampilan bodi mobil menjadi kinclong layaknya seperti baru biasanya dilakukan dengan metode poles bodi. Tapi, terkadang ada sejumlah bagian mobil yang tetap tampak kusam meskipun sudah dipoles. Apakah yang salah?

Penyebab Bodi Mobil Kusam Setelah Dipoles

Penyebab Bodi Mobil Kusam Setelah Dipoles (Sumber Gambar : youtube)

Apabila diamati dengan cukup seksama, umumnya tampilan kusam tersebut masih tampak terlebih pada beberapa lekukan di bodi mobil. Dan penyebab utama bodi mobil kusam setelah di poles adalah proses pemolesan yang kurang benar.

Karena permukaan dari bodi mobil tidak seluruhnya rata, maka tekhnik pemolesannya haruslah berbeda walaupun sudah memanfaatkan mesin polisher achine ataupun rotary.

Perbedaan pada sisi tekhniknya adalah pada handling mesin, serta penggunaan diameter pad atau busa yang mesti disesuaikan.

Untuk ukuran pad ketika proses memoles pada bidang yang rata, yakni menggunakan diameter yang cukup besar yaitu sekitar 6 inci. Sementara, pada permukaan bodi yang cukup banyak lekukan, pad yang dipakai diameternya sekitar 3 inci.

Bila bagian lekukan bodi tidak terpoles dengan baik, warnanya akan tetap buram atau tidak mengkilap. Kenapa harus menggunakan pad dengan ukuran kecil?, dikarenakan pemolesan haruslah rata pada permukaannya, dan tidak boleh miring.

Akan tetapi, bila ukuran pad yang ada cukup terbatas, bisa pula menggunakan pad besar. Tetapi, tekhnik serta kecepatan dari mesin polisher haruslah diubah. Bila menggunakan pad besar untuk beberapa bagian yang ada lekukan, kecepatannya berkisar antara 5 (5.800 OPM).

Penyebab Bodi Mobil Kusam Setelah Dipoles | Rudiyanto | 4.5