Penyebab Bunyi Klakson Lemah

Friday, December 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Bunyi Klakson Lemah – Guna menghindari sebuah kecelakaan, setiap kendaraan termasuk kendaraan roda empat atau mobil dilengkapi dengan perangkat peringatan berupa klakson. Meskipun dirancang untuk dapat bertahan pada semua kondisi alam, akan tetapi tidak jarang perangkat klakson mengalami sejumlah kerusakan. Lantas, apa sajakah hal yang dapat merusak suara dari komponen klakson tersebut?

Penyebab Bunyi Klakson Lemah

Penyebab Bunyi Klakson Lemah

Penyebab Bunyi Klakson Lemah (Sumber Gambar : istockphoto)

Ada banyak penyebab dari kerusakan klakson. Dari mulai komponen tersebut yang rusak sampai aliran atau arus listrik yang terputus. Jika klakson rusak dan mati secara total, hal itu bukan cuma dari sistem kelistrikannya saja yang bermasalah. Sebab, komponen atau perangkat klakson juga dapat rusak, semisal membran atau pada kumparannya.

Apabila klakson terus mengeluarkan berbunyi tanpa jeda, biasannya hal tersebut akibat dari komponen relay yang rusak. Arus atau aliran listrik yang mengalir tidak teratur dapat menjadikan membran tersebut terus bergetar.

Sementara itu, apabila bunyi klakson terdengar kurang keras atau lemah, itu dikarenakan membran tersebut yang sudah sobek. Bila berlubang ataupun terlalu kendor, akan mengakibatkan bunyi klakson yang menjadi lemah. Klakson tidaklah membutuhkan perawatan yang khusus. Lumrahnya, apabila klakson sudah mati dan tidak mengeluarkan bunyi, berarti harus diganti dengan klakson yang baru.

Ganti segera klakson yang sudah mati, karena perangkat tersebut merupakan perangkat yang cukup penting untuk isyarat ataupun peringatan untuk pengguna kendaraan lain di jalanan.

Penyebab Bunyi Klakson Lemah | Rudiyanto | 4.5