Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Tuesday, May 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Cat motor yang terlihat kusam sangat mengganggu penampilan. Ada asumsi di kalangan masyarakat, kendaraan yang bersih mencerminkan karakter pemiliknya. Maka tak heran bila urusan cat motor begitu diperhatikan, dan cat motor yang kusam adalah momok yang paling menakutkan.

Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Maka dari itu, kita harus tau cara merawat motor supaya catnya tidak mudah kusam. Dan berikut ini kami sampaikan beberapa penyebab cat motor menjadi cepat kusam.

1. Terik matahari

Yang paling sering teralami oleh kendaraan adalah terkena terik matahari dalam waktu yang sangat lama. Terlebih bila kendaraan sedang berada di tempat parkir. Radiasi yang dihasilkan oleh terik matahari akan membuat cat cepat rusak. Oleh karena hindari tempat parkir yang tidak ada aling-alingnya.

2. Debu yang menumpuk

Debu adalah makanan sehari-hari kendaraan, debu yang terlalu lama menempel dan terus menumpuk pada bodi motor akan menyebabkan daya kilap plastik menjadi berkurang. Oleh karena anda harus rutin membersihkan motor dengan mencucinya.

3. Terkena air hujan

Air hujan mengandung zat asam nitrat yang bisa menyebabkan lapisan pengkilap cat motor rusak. Terlebih, kandungan zat asam tersebut juga bisa menyebabkan korosi pada bagian logam di sepeda motor. Solusinya, segera bilas motor dengan air bersih setelah terkena guyuran hujan.

4. Cipratan minyak

Cairan seperti minyak rem mempunyai fungsi yang sangat penting pada kendaraan. Namun anda harus berhati-hati dengan cairan ini, jangan sampai cairan minyak rem mengenai bodi karena akan meresap ke dalam lapisan cat dan lambat-laun akan merusaknya. Solusi bila terkena cipratan minyak segera bersihkan menggunakan lap mikrofiber atau yang kita kenal dengan nama kanebo.

5. Proses mencuci motor

Dalam melakukan proses pencucian motor kita harus berhati-hati dan perlu melakukannya dengan benar. Jangan menggunakan sabun yang memang bukan peruntukkannya mencuci motor, seperti sabun colek atau deterjen. Karena dalam sabun tersebut mempunyai zat kimia yang keras karena memang bukan untuk bodi motor.

6. Proses pengeringan

Kualitas cat motor juga bisa diakibatkan oleh kurangnya proses pengeringan. Apabila pengeringan motor setelah dicuci tidak sempurna akan menimbalkan bercak air pada bodi, noda ini berpotensi munculnya jamur dan noda pun akan sulit untuk dihilangkan.

Penyebab Cat Motor Cepat Kusam | admin | 4.5