Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor

Friday, December 2nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor – Standarnya, indikator merupakan bagian dari sepeda motor yang kedap udara. Semua indikasi atau tanda yang tercantum di dalamnya, seperti speedometer serta takometer, tidak boleh terhalangi oleh benda apapun.

Akan tetapi, yang ideal sering tak sesuai dengan realita. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada komponen ini adalah adanya embun pada bagian dalam mika.

Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor Dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor

Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor (Sumber Gambar : id Aliexpress)

Adanya embun umumnya disebabkan oleh karena terdapat air yang rembes dari beberapa celah pada komponen speedometer.

Embun pada mulanya dikarenakan busa pemisah ataupun celah dari komponen tersebut menyerap air. Seperti dikarenakan terkena air hujan ataupun pada saat mencuci sepeda motor. Begitu lampu pada kendaraan menyala, suhu akan jadi panas, dan air yang terpanasi tersebut menghasilkan embun.

Embun juga dapat disebabkan oleh karena terdapat celah di pinggiran mika ataupun lubang pada bagian belakang speedometer. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh karena umur dari mika pada speedo meter sudah cukup tua, ataupun kancing sebagai pengikatnya tidak merekat dengan sempurna.

Masalah seperti ini harus segera mungkin diperbaiki. Alasannya, meskipun terkadang embun dapat hilang dengan sendirinya seiting dengan waktu, Akan tetapi ada pula kemungkinan embun tersebut dapat merusak bagian dalam dari indikator, seperti merusak kumparan dari speedometer.

Cara menghilangkan embun tersebut tentu dibuka terlebih dahulu indikatornya. Dan biasanya terdapat peredam semacam karet atau busa, dan dapat dikeringkan dengan memanfaatkan sinar matahari ataupun dengan menggunakan kain kering.

Penyebab Embun Pada Indikator Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5