Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg

Monday, January 23rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg – Bagi para penggemar modifikasi, mengganti velg merupakan suatu hal yang harus dilakukan guna menunjang tampilan kendaraan. Akan tetapi, kadang ban mobil justru menjadi bergetar setelah velg standar diganti dengan velg produk aftermarket.

Faktor Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg

Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg

Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg (Sumber Gambar : arnoldclack.com)

Hal tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Dibawah ini adalah Faktor Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg :

Yang pertama, teknik dari pemasangan ban yang tidak cukup tepat pada velg mobil. Di setiap produk ban baru, ada sebuah titik penanda yang merupakan acuan pada saat pemasangan ban pada velg. Tanda ini haruslah disejajarkan dengan pentil ban.

Ada sejumlah tipe ban yang mempunyai aturan pada saat pemasangannya, semisal arah dari rotasi ataupun dinding luar serta dalam. Bila aturan tersebut dilanggar, kemungkinan besar akan menambah dampak getaran ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

Yang kedua, settingan mesin balancing yang tidak sesuai pada ukuran velg. Pengoperasian dari mesin balancing wajib dilakukan oleh para mekanik yang sudah berpengalaman. Karena, mesin balancing tersebut memerlukan data khusus mengenai spesifikasi ban dan velg yang hendak digunakan.

Biasanya, setiap unit mesin memiliki beberapa perhitungan algoritma yang sudah disesuaikan dengan posisi penempatan timah balas. Mekaniknya harus betul-betul mengerti, algoritma manakah yang harus digunakan untuk velg yang akan di-balancing.

Yang ketiga, bahan dari timah balas yang dipasang tersebut kurang berkualitas. Perekat balas perlu sangat kuat menempel pada velg. Bila tidak, maka balas mungkin saja lepas ketika roda berputar dengan kencang.

Jika proses balancing telah dijalankan dengan baik, pemilik dapat menggunakan velg dan ban secara nyaman dalam kecepatan tinggi. Sebagai info tambahan, dapat memasang center ring, yang berfungsi membuat velg lebih mantap melekat pada tromol mobil.

Penyebab Getaran Setelah Mengganti Velg | Rudiyanto | 4.5