Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal

Saturday, December 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal – Pasar Moge atau motor gede Indonesia semakin ramai. Apabila dahulu hanya ada beberapa merk, kini merknya semakin beragam.

Meskipun banyak produk yang ditawarkan bukan artinya harga bakal lebih kompetitif. Inilah yang menjadi halangan untuk sebagian besar orang saat akan membeli moge.

Bagaimana tidak, harga dari moge khususnya moge yang bermesin 500 cc ke atas bisa setara dengan 1 unit mobil maupun rumah. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebab harga moge begitu mahal di Indonesia?

Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal

Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal

Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal (Sumber Gambar : tripadvisor)

Ada sejumlah hal yang menjadikan harga moge di Indonesia selangit. Pertama, motor gede yang masuk Indonesia diimport dari luar negeri dan dikemas dalam bentuk CBU atau singkatan dari completely built unit. Otomatis harga dari moge tersebut akan lebih tinggi daripada motor yang dirakit di dalam negeri serta sejumlah komponennya telah dibuat lokal.

Berikutnya, motor gede termasuk dalam barang mewah. Konsumennya wajib menanggung besar Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM sebesar 125 persen.

Ada juga pajak penghasilan atas penjualan barang mewah sebesar 5 %, dan bea masuk barang import untuk kendaraan bermotor roda dua sebesar 50 %. Tidak ketinggalan, ada pula biaya pada saat mendaftarkan motor untuk memperoleh STNK.

Kondisi tersebut yang menjadikan distributor moge dalam negeri cuma menampilkan harga dengan status off the road.

Selain dari itu, harga moge pun sangat tergantung pada kondisi pasar uang. Jika rupiah melemah terhadap uang asing seperti dolar Amerika, dengan otomatis harganya pun akan semakin melambung tinggi.

Penyebab Harga Moge Di Indonesia Mahal | Rudiyanto | 4.5