Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor

Wednesday, November 2nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor – Salah satu ciri dari pembakaran yang baik pada sepeda motor adalah pada saat digas serta masuk gigi, maka motor spontan langsung melaju tanpa adanya kendala apapun. Lain halnya apabila pembakaran tidak sempurna terjadi di dalam mesin.

Satu masalah yang sering terjadi dikarenakan sistem pembakaran tidah sempurna adalah seperti hilangnya tenaga atau istilah lainnya ngempos. Maksud dari ngempos adalah, pada saat pedal gas ditarik, pada beberapa detik tidak terasa gejala adanya pembakaran, yang dibarengi dengan hilangnya tenaga secara mendadak.

Beberapa Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor

Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor

Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar : liputan6)

Tentunya hal ini sangat berbahaya. Bisa dibayangkan apabila hilangnya tenaga terjadi pada saat sepeda motor sedang dikemudikan di jalanan yang ramai atau ketika ingin menyalip kendaraan lain. Efek paling buruknya adalah kecelakaan.

Ada beberapa penyebab hilangnya tenaga pada sepeda motor yang menjadi biang keladi dari masalah tersebut. Mulai dari, filter udara yang sudah sangat kotor, karburator yang kotor, hingga percikan api pada busi yang tidak sesuai dengan standar.

Jika filter udara sudah sangat kotor, udaranya tentu tersumbat, sehingga tidak masuk pada ruang bakar dengan lancar.

Masalah pengapian, lebih spesifik problemnya terletak pada spul yang sudah lemah. Spul merupakan pusat api sehingga jika spulnya lemah apinya pun menjadi kecil.

Masalah lainnya ada pada pilot jet, ataupun komponen yang berfungsi sebagai pengalir bahan bakar ketika rpm bawah sampai menengah. Jika pilot jet telah banyak terdapat kotoran, maka suplai bahan bakar akan terganggu.

Untuk masalah yang terakhir, biaya penggantian pilot jet yang baru sekitar Rp 30.000. Sementara untuk harga jasa pemasangannya sekitar Rp 75.000 sampai Rp 80.000.

Penyebab Hilangnya Tenaga Pada Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5