Penyebab Kampas Rem Cepat Aus Pada Kendaraan

Saturday, October 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Kampas Rem Cepat Aus Pada Kendaraan – Umur pemakaian komponen kampas rem tromol biasanya berkisar antara satu tahunan. Akan tetapi, ada beberapa kondisi tertentu yang menjadikan komponen tersebut lebih mudah aus. Misalnya, baru dua atau empat bulan, kampas telah aus dan sudah harus dilakukan pergantian kampas.

Penyebab Kampas Rem Cepat Aus Pada Kendaraan

Penyebab Kampas Rem Cepat Aus Pada Kendaraan (Sumber Gambar : bikedekho)

Hal tersebut ternyata bisa terjadi karena komponen tromol yang mana menjadi dudukan kampas tersebut sudah mengalami keausan, dan bukanlah disebabkan oleh kualitas kampas rem yang jelek atau buruk, ataupun bukan asli.

Untuk pengetahuan, yang dimaksud dengan tromol adalah ruang yang berposisi pada bagian dalam velg. Tromol tersebut akan bergesekan dengan kampas rem serta menghentikan laju sepeda motor pada saat pedal rem belakang diinjak.

Ada beberapa penyebab mengapa tromol itu sendiri dapat menjadi rusak. salah satu penyebab kerusakan tromol adalah dikarenakan penggunaan kampas rem yang berkualitas jelek. Kampas rem yang mempunyai kualitas jelek akan mengikis tromol dan mengakibatkan kerusakan para tromol

Kerusakan tromol dan kampas bisa juga disebabkan oleh kotoran yang sudah menumpuk yang masuk pada komponen tromol tersebut. Dengan menumpuknya kotoran, maka akan timbul gesekan yang menjadikan tromol serta kampas rem cepat aus.

Oleh karena itu, dianjurkan supaya mempergunakan kampas rem dengan kualitas yang baik dan lebih baik lagi menggunakan kampas rem asli bawaan pabrikan. Dan sebelum memasang kampas rem yang baru, sebaiknya membersihkan komponen tromolnya terlebih dahulu.

Penyebab Kampas Rem Cepat Aus Pada Kendaraan | Rudiyanto | 4.5