Penyebab Kick Starter Motor Ngelos

Wednesday, March 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Kick Starter Motor Ngelos – Beberapa pengguna atau pemilik sepeda motor mengeluhkan bahwasanya pada pagi hari, ketika ingin menghidupkan sepeda motor memakai kick starter, bagian ini tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Gejalanya adalah kick starter lebih ringan, dan istilahnya “ngelos” atau tidak terdapat tendangan balik.

Penyebab Kick Starter Motor Ngelos

Penyebab Kick Starter Motor Ngelos (Sumber Gambar : Wikimedia Common)

Akibatnya, sepeda motor sulit untuk dihidupkan. Untungnya bila sepeda motor tersebut elektrik starter-nya masih berfungsi normal. Tentu akan repot bila komponen tersebut juga rusak. Pengalaman seperti ini tentu banyak yang mengalaminya. Pertanyaannya, apakah penyebab kick starter ngelos?

kick starter yang “ngelos” tidak lain disebabkan oleh karena mesin yang tidak melakukan tekanan kompresi yang semestinya disebabkan dorongan piston.

Penyebabnya dikarenakan pada klep atau valve terdapat kotorannya. Pastinya karena hal itu. Klep tersebut harusnya naik turun. Jika pada komponen tersebut terdapat kotoran, saat menutup tidak menutup dengan sempurna.

Kotoran pada komponen klep sebenarnya adalah kerak karbon dari sisa pembakaran bensin. Klep atau valve yang tidak tertutup dengan sempurna menyebabkan kompresi bocor. Hal tersebutlah yang dimaksud dengan los kompresi atau sering disebut kehilangan kompresi.

Klep atau valve sendiri, atau yang juga dikenal dengan sebutan katup, berfungsi untuk mengatur masuknya gas baru serta keluarnya gas buang sisa dari pembakaran di mesin motor.

Untuk memperbaiki, Joko disarankan pemilik sepeda motor untuk memasukkan oli baru 3 sendok lewat lubang busi. Oli baru tersebut dapat membuat kerak tersebut larut. Namun ketika dinyalakan akan mengeluarkan asap karena oli baru tersebut terbakar.

Penyebab Kick Starter Motor Ngelos | Rudiyanto | 4.5