Penyebab Kompresor AC Berisik

Thursday, November 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Kompresor AC Berisik – Masalah yang kerap terjadi pada mobil, terlebih mobil berusia di atas 5 tahunan adalah kompresor AC yang berisik atau berbunyi cukup keras ataupun kasar saat dijalankan. Suara berisik tersebut akan hilang ketika kompresor sedang tidak bekerja.

Faktor Penyebab Kompresor AC Berisik

Penyebab Kompresor AC Berisik

Penyebab Kompresor AC Berisik (Sumber Gambar : buy auto part)

Banyak pula yang menyebut suara berisik kompresor tersebut dengan sebutan ‘ngorok’. Ada banyak penyebabnya, termasuk kekurangan oli kompresor ataupun piston dalamnya aus.

Hal tersebut menjadi tanda awal kerusakan pada AC mobil. Segeralah bawa ke bengkel sebelum terlambat. Berikut dibawah ini adalah daftar indikasi masalah serta dampak saat kompresor mulai berisik atau faktor penyebab kompresor AC berisik :

Suara ngorok persis dengan suara gesekan benda logam bisa saja dikarenakan oli kompresor yang berkurang, piston pada kompresor aus, ataupun longgarnya laher atau bearing. Pada jangka waktu tertentu tidak terdapat efek samping. Tetapi lama kelamaan, terkadang AC kurang dingin ketika mobil berjalan pada RPM yang rendah.

Tidak adanya kompresi pada kompresor. Fungsi dasar dari kompresor adalah menghisap freon serta memompanya pada kondensor AC dengan tekanan lebih tinggi. Ketika kompresi berkurang, indikasinya adalah AC dirasa kurang dingin ketika melaju pada RPM yang rendah, kemudian menjadi dingin ketika melaju lebih kencang.

Ada masalah pada Magnetic Clutch. Komponen Magnetic Clutch ini yang menghubungkan putaran mesin dengan komponen kompresor. Apabila kinerja dari komponen ini sudah lemah, dampaknya akan sama, udara AC akan dingin ketika mobil dipacu pada kecepatan yang tinggi.

Kebocoran pada saluran AC. Hal ini yang menyebabkan freon cepat habis. Oli pada komponen kompresor pun akan dikeluarkan sedikit-sedikit hingga habis. Hal tersebut membuat gesekan piston dalam kompresor dan bola-bola di dalamnya semakin kencang dan mengeluarkan bunyi.

Pada masalah tertentu bisa diperbaiki. Akan tetapi jika masalahnya tergolong akut, diperbaiki cuma akan mengembalikan fungsinya saja. Suaranya akan tetap berisik. jika sudah seperti ini, lebih baik ganti kompresor.

Penyebab Kompresor AC Berisik | Rudiyanto | 4.5