Penyebab Kopling Motor Berat

Friday, May 12th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Kopling Motor Berat – Para pemilik dan pengguna sepeda motor berjenis motor sport ataupun bebek seringkali mengalami masalah pada kopling. Tidak jarang, di saat akan melakukan perpindahan gigi transmisi, handle dari kabel kopling terasa berat.

Masalah ketika kopling berat umumnya dikarenakan kinerja oli yang tidak maksimal. Hal tersebut tidak lain karena sudah lama tidak mengganti oli.

Penyebab Kopling Motor Berat

Penyebab Kopling Motor Berat (Sumber Gambar : wikipedia)

Dari sisi pelumasan hal tersebut menandakan sudah waktunya oli ganti. Atau bisa pula dari komponen kanvas kopling yang telah mengalami keausan. Kopling yang sudah aus, umumnya dikarenakan terdapat gesekan yang lama-lama terus menipis.

Kopling lama kelamaan pasti aus dan sering juga terjadi slip kopling. Hal ini bisa disebabkan oleh pemakaian atau penggunaan si pengendara sendiri. Ada banyak pengendara yang kurang memahami pemakaian atau teknik kopling yang benar.

Selain dari itu, ada banyak pengendara yang seenaknya memaikan kopling tanpa menyadari akan banyak potensi kerusakan kopling dari mulai berat kopling sampai slip kopling. Beberapa kasus malah ada yang mengakibatkan kabel kopling yang putus akibat terlalu memaksakan handle kopling yang memang sudah berat.

Akat tetapi selain dari itu, masalah-masalah yang kerap terjadi di bagian kopling sepeda motor yaitu oli yang dipakai tidaklah sesuai dengan spesifikasi mesin.

Ada baiknya, semuanya itu bisa dikonsultasikan terlebih dulu kepada mekanik, supaya tidak salah saat melakukan perbaikan ataupun penggantian komponen kopling termasuk oli.

Penyebab Kopling Motor Berat | Rudiyanto | 4.5