Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus

Sunday, July 31st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus – Lampu mobil mati ditengah jalan tentunya akan menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi bila mati pada malam hari. Lampu mobil yang mati tersebut disebabkan oleh filamen yang putus. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari panas, goncangan ataupun aliran listrik yang terlampau tinggi. Hal ini juga tidak lepas dari kualitas Lampu bohlam yang dipakai. Lampu Bohlam dengan harga yang murah biasanya tidak kuat menahan panas sehingga mudah putus. Bahkan ada yang dinyalakan cuma 3 jam tetapi sudah putus.

Umur lampu bohlam berbeda-beda dan ditentukan oleh pabrikan. Misalnya suatu bohlam dengan 4000 jam pemakaian, rata-rata 4 jam menyala setiap hari maka umur lampu bohlam tersebut bisa digunakan selama 3 tahun. Akan tetapi itu hanya bicara kondisi yang tidak ada problem.

Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus

Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus (Sumber Gambar : Wikihow)

Faktor Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus

Dalam kenyataannya banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi umur lampu bohlam. Faktor cuaca dapat juga mempengaruhi umur lampu bohlam. Selain itu getaran yang diakibatkan jalanan yang jelek, juga dapat memberi pengaruh. Bila itu yang terjadi, maka Anda cukup membawa lampu bohlam cadangan saja. Jadi bila sewaktu-waktu lampu mati Anda tinggal mengganti bohlamnya saja. Namun yang sering terjadi, Penyebab lampu bohlam mobil cepat putus adalah tegangan listrik yang terlalu tinggi. Hal ini berakibat pada filamen didalam lampu bohlam putus karena tegangan listrik yang tidak sesuai.

Untuk itu bila Anda mempunyai multimeter bisa diperiksa tegangan lampu bohlam Anda, apakah sesuai atau tidak. Jika telalu besar ataupun kecil, cek sparepart lain seperti baterai/accu, regulator serta rangkainya. Namun masalah ini biasanya terjadi pada mobil-mobil tua yang masih mempergunakan sistem konvensional. Sementara bagi mobil dengan sistem EFI jarang terjadi. Kemungkinan penyebab lampu bohlam mobil sering mati lainya adalah sambungan kabel atau socket lampu yang kendor atau kotor. Socket yang kendor dapat menyebabkan panas yang berlebih sehingga lampu akan cepat putus. Untuk itu tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi socket lampu Anda, Bila kendor bisa diperbaiki ataupun menggantinya dengan yang baru.

Penyebab Lampu Bohlam Cepat Putus | Rudiyanto | 4.5