Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala

Friday, December 16th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala – Panel speedometer yang ada pada mobil menampilkan sejumlah informasi mengenai kendaraan tersebut. Salah satu dari komponen mobil yang umum ditemukan pada speedometer adalah lampu indikator. Lampu tersebut mempunyai fungsi yang beragam. Indikator yang menyala mengindikasikan bahwa terdapat sistem yang bermasalah serta memberitahu pengemudi untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan.

Beberapa Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala (Sumber Gambar : carmudi)

Salah satu dari lampu indikator yang ada pada speedometer adalah lampu indikator oli yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai oli mesin. Lampu indikator tersebut umumnya menyala ketika mobil akan dihidupkan, kemudian akan mati dengan otomatis ketika mesin sudah menyala. Itu merupakan tanda tekanan dan juga pelumasan atau oli mesin masih bekerja secara normal.

Namun Anda harus waspada apabila lampu indikator oli tetap menyala ketika mesin mobil sudah menyala. Hal tersebut merupakan indikasi bahwasanya sistem pelumasan dari mobil Anda mengalami masalah.

Ada beberapa penyebab lampu indikator oli menyala. Penyebab yang paling ringan adalah switch oli pada mobil tersebut yang sudah rusak. Guna mengatasi hal tersebut tidaklah sulit, Anda cuma perlu menggantinya dengan switch oli yang baru.

Selain dari masalah tersebut, permasalahan yang mungkin saja terjadi adalah filter oli yang telah rusak atau melewati masa pemakaian. Hal tersebut akan membuat saringan atau filter oli tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestina dikarenakan sudah kotor dan tersumbat.

Anda pun harus berhati-hati apabila lampu indikator oli menyala dikarenakan oli mesin kurang. Guna memastikannya, periksa kapasitas oli dengan menggunakan deepstick oli. Periksa apakah terjadi kebocoran ataupun rembesan oli yang menjadikan oli berkurang.

Permasalahan yang terakhir adalah pompa oli yang sudah rusak. Harus diketahui, pompa oli bekerja untuk memberikan sirkulasi pelumasan di mesin. Kerusakan dapat terjadi dikarenakan faktor usia, sebab komponen tersebut umumnya mempunyai umur pemakaian yang cukup panjang bila pemakaian mobil pada kondisi normal.

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala | Rudiyanto | 4.5