Penyebab Locking Pada Sepeda Motor

Wednesday, November 9th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Locking Pada Sepeda Motor – Istilah atau sebutan locking atau kondisi ketika ban berhenti berputar dikarenakan terkuncinya rem bisa sangat berbahaya apabila terjadi ketika berkendara pada sepeda motor. Locking adalah salah satu penyebab bikers hilang keseimbangan dan sangat berpotensi mengalami kecelakaan.

Beberapa Penyebab Locking Pada Sepeda Motor

Penyebab Locking Pada Sepeda Motor

Penyebab Locking Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar : motorsportsmagazine)

Locking berarti pada saat traksi roda pada permukaan aspal tidaklah maksimal. Penyebabnya cukup banyak, seperti kebiasaan rem secara mendadak, kesalahan teknik pengereman, kondisi pada permukaan jalan licin, serta kualitas pada ban.

Dianjurkan jangan melakukan pengereman sekuatnya meskipun cukup darurat. kebanyakan pengendara cukup kaget saat pada kondisi darurat dan terjadilah pengereman yang kuat. Pengendara harus melatih diri bagaimanakah cara pengereman yang bail pada kondisi darurat dan tetap aman.

Melakukan pengereman dengan hanya mempergunakan rem belakang tidak dianjurkan pada saat berkendara di atas kecepatan 80 kilometer per jam. Hal ini dikarenakan, ketika hal itu terjadi ban belakang akan sedikit mengangkat dikarenakan bobot pindah ke depan. Locking bisa terjadi dikarenakan traksi ban belakang pada aspal berkurang.

Hal yang dirasa penting yang juga harus diketahui yaitu teknik melakukan pengereman di tikungan. Melakukan pengereman semestinya dilakukan sebelum menikung. Pada saat berbelok permukaan ban yang menapak pada aspal akan berkurang, pada kondisi tersebut potensi locking pun semakin besar.

Sistem pengereman bukan semata penyebab dari seringnya locking. Pada sistem pengereman 6 piston tak menjamin lebih sering locking daripada sistem pengreman 2 piston.

Penyebab Locking Pada Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5