Penyebab Mika Speedometer Retak Dan Bersisik

Monday, January 2nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Mika Speedometer Retak Dan Bersisik – Untuk pengguna sepeda motor, tentu Anda pernah menemukan kaca speedometer kendaraan mengalami retak dan juga bersisik, sehingga menyebabkan pandangan Anda terganggu pada saat melihatnya. Hal tersebut, tentunya berbahaya. Sebab, lama-lama kaca tersebut akan ditutupi goresan retak dan menyebabkan pengguna tidak dapat melihat laju dari kecepatan kendaraannya. Potensi dari kecelakaan pun akan meningkat. Selain itu, bila kaca speedometer telah pecah, tentu saja akan mudah tersiram air dan juga terpaan debu. Potensi kerusakannya tentu akan terus meluas.

Penyebab Mika Speedometer Retak Dan Bersisik

Penyebab Mika Speedometer Retak Dan Bersisik (Sumber Gambar : Autogeekonline.net)

Penyebab dari retaknya kaca, ataupun mika dari speedometer dikarenakan seringnya terkena sinar matahari. Panas tentu akan menyebabkan retak, terlebih bahannya terbuat dari plastik. Pada saat sinar matahari langsung pada permukaan mika, maka mika tersebut akan memuai.

Suhu panas yang bersumber dari matahari, terlebih tidak tertutup, menyebabkan mika menjadi seperti meleleh ataupun mengkerut. Gejala awalnya yaitu retak. Terlebih faktor cuaca yang terus berubah, akan lebih cepat menyebabkan kerusaksakan mika.

Sementara itu, rusaknya komponen mika speedometer mungkin juga diakibatkan oleh kualitas. Pada lapisan plastik mika speedometer tidak ada celah yang bisa memantulkan sinar matahari dengan udara. Oleh karena itu, akan terus menumpuk dan akan terus memuai. Makanya, pada jangka waktu yang panjang bisa dipastikan menjadikan mika mengalami retak. Bila sudah retak dan bersisik, sebaiknya langsung diganti mikanya.

Penyebab Mika Speedometer Retak Dan Bersisik | Rudiyanto | 4.5