Penyebab Motor Injeksi Berasap

Wednesday, August 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Motor Injeksi Berasap – Penyebab motor berasap hitam disebabkan oleh pembakaran yang tak sempurna. Warna hitam itu datang dikarenakan bahan bakar terlampau banyak. Indikasi lainya ialah asap tersebut mempunyai bau yang menyengat serta bila terhirup lama dapat menimbulkan pusing. Ini disebabkan oleh gas hidro carbon yang terlampau banyak. Gas itu adalah gas beracun yang timbul dikarenakan banyaknya bahan bakar yang tak ikut terbakar. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan penyettingan ulang CO. Ini bermaksud untuk mengatur dan menyetel campuran bahan bakar serta udara. Seperti halnya pada motor yang menggunakan karburator, penyettingan dapat dilakukan dengan cara memutar baut air ratio. Pengerjaan setting ulang CO mempergunakan alat khusus, jadi lebih baik bawa motor injeksi Anda ke bengkel resmi.

Penyebab Motor Injeksi Berasap

Penyebab Motor Injeksi Berasap (Sumber Gambar : youtube)

Lain halnya apabila motor inkjeksi ngebul atau berasap putih. Hal ini disebabkan oleh oli pelumas yang turut terbakar. Apabila ini terjadi ada sedikitnya 4 penyebab pokoknya yaitu ring piston aus, katup bocor, seal katup keras dan juga piston baret. Pada dasarnya baik pada motor injeksi ataupun motor dengan karburator, 4 masalah tersebut dapat terjadi serta cara mengatasinya pun sama saja. Berikut penjelasan lengkapnya

Penyebab Motor Injeksi Berasap Putih

1. Ring Piston Aus
Ring piston bekerja untuk menjaga kerapatan antara piston serta dinding silinder. Karena gesekan yang terjadi terus menerus maka lama- kelamaan menyebabkan ring piston aus. Akibatnya oli yang ada pada karter akan merembes ke ruang pembakaran dan ikut terbakar. Solusinya tentu dengan mengganti ring piston dengan yang baru.

2. Piston baret
Pada saat Anda mengganti oli pastikan oli pengganti tidak tercampur kotoran serta benar-benar bersih. Bila tidak mungkin saja kotoran yang ikut tercampur dengan oli membuat piston baret. Bila piston baret cara mengatasinya dengan ganti piston dengan yang baru. Tetapi bila dinding sama-sama baret, maka harus melakukan boring atau corter pada dinding silinder serta mengganti piston dengan ukuran yang sesuai.

3. Seal Katup Keras
Pengoperasian mesin yang lama bisa membuat seal katup jadi keras. Bila ini terjadi oli pelumas pada kepala silinder bisa saja turun ke ruang bakar serta ikut terbakar. Solusinya pasti harus mengganti seal katup baru.

4. Katup Bocor
Penyebab katup bocor umumnya dikarenakan kerak yang menumpuk pada bibir katup. atau bisa saja karena katup sudah tak rata. Solusinya dapat dilakukan dengan sekir ulang pada katup tersebut. Supaya tidak terlampau banyak mengikis, Anda dapat mempergunakan autosol. Tetapi bila Anda mengganti katup baru, dapat mempergunakan amrile supaya lebih cepat.

Demikian Penyebab Motor Injeksi Berasap hitam ataupun berasap putih. Semoga menjadi pencerahan bagi Anda agar selalu memperhatikan kondisi motor injeksi. Bila sudah ada indikasi seperti keluar asap hitam ataupun putih, sebaiknya Anda melakukan tindakan dengan membawa motor injeksi Anda ke bengkel resmi agar semua indikasi bisa ditangani dan dapat mencegah hal-hal atau masalah yang lebih parah.

Penyebab Motor Injeksi Berasap | Rudiyanto | 4.5