Penyebab Oli Cepat Rusak

Tuesday, June 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Oli Cepat Rusak – Oli mesin tentu akan habis manfaatnya pada kurun waktu tertentu, ataupun berdasarkan jarak tempuh perjalanan. Makin jauh jarak tempuh sebuah kendaraan, fungsi cairan pelumas atau oli yang melapisi setiap komponen mesin ataupun aksesoris lainnya akan semakin menurun.

Penyebab Oli Cepat Rusak

Penyebab Oli Cepat Rusak (Sumber Gambar : wikimedia)

Akan tetapi meski demikian, hal tersebut berlaku dengan beberapa syarat tertentu juga. Pada kondisi spesifik, tak selamanya kendaraan yang kerap berpergian dengan jarak yang jauh olinya perlu lebih cepat untuk diganti daripada kendaraan yang berpergian pada jarak yang dekat.

Hal ini diSebabkan kondisi jalanan yang macet, ataupun secara teknis dikenal stop and go, merupakan kondisi yang tidaklah baik untuk performa mesin.

Pembakaran pada mesin di kondisi kompresi dengan rata-rata rendah dapat menghasilkan apa yang dikenal dengan istilah “blow by gas”.

blow by gas secara sederhana adalah merembesnya gas yang sudah terkandung bensin pada karter oli. Dan oli pada mesin nanti terkontaminasi oleh bahan bakar.

Padahal sangatlah jelas, kedua zat tersebut berbeda fungsi. Zat-zat di dalam kandungan oli pun tidak dapat bekerja dengan maksimal dan justru akan lebih cepat rusak.

Lalu, dibandingkan mobil, stop and go lebih beresiko lagi untuk sepeda motor. Hal tersebut dikarenakan pendinginannya sangatlah tergantung angin. Jadi sebaiknya, untuk sepeda motor disarankan untuk bisa beristirahat terlebih dulu sesudah melewati kemacetan.

Penyebab Oli Cepat Rusak | Rudiyanto | 4.5