Penyebab Oli Rembes Pada Sepeda Motor

Monday, January 2nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Oli Rembes Pada Sepeda Motor – Perawatan pada sepeda motor tentu sangat diperlukan guna menjaga performanya supaya tetap maksimal. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu sepeda motor pasti tidak luput dari berbagai masalah, ada saja komponen yang harus diganti.

Penyebeb Sepele Oli Rembes Pada Sepeda Motor

Penyebab Oli Rembes Pada Sepeda Motor

Penyebab Oli Rembes Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar : harley davidson forum)

Salah satu masalah yang sering timbul pada sepeda motor dengan usia yang cukup tua adalah oli yang rembes pada bagian mesin. Bila dibiarkan, bisa saja oli mesin habis serta mesin harus dibongkar total atau turun mesin. Mengapa bisa terjadi rembesan oli?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan oli rembes keluar dari komponen mesin. Salah satunya adalah seal yang telah retak atau getas. Mesin yang selau panas lama kelamaan akan membuat seal menjadi kaku dan juga retak dan getas.

Selain komponen seal yang sudah tidak elastis lagi, penyebab dari oli rembes yang lainnya adalah kurangnya perawatan komponen yang ada di dalam bagian mesin. Bisa pula dikarenakan tidak secara rutin mengganti filter udara atau saringan udara. Filter adalah jalur pembuangan dari hawa panas mesin.

Oli tidak cuma rembes dari komponen mesin saja, bisa saja melalui jalur celah packing mesin sepeda motor. Packing sepeda motor atau mesin yang rusak tentu akan membuka celah antara bagian blok mesin. Kebocoran atau rembesan oli umumnya terjadi pada sepeda motor yang sudah tua. Akan tetapi bisa sepeda motor belum sampai dua tahun sudah rembes olinya, ini berarti pemakaian yang cukup sangat berat. Mesin pun bisa jebol, dan packing rusak.

Penyebab Oli Rembes Pada Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5