Penyebab Overheat Pada Mobil

Wednesday, August 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Overheat Pada Mobil – Tentunya sebagian dari Anda ada yang mempunyai pengalaman dengan masalah overheat atau panas berlebih pada mobil. Rasanya pasti menjengkelkan pasa saat mobil mati mendadak dan asap keluar dari kap mesin.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui penyebab overheat pada mobil ini, khususnya untuk pengguna mobil lawas. Setidaknya ada beberapa point yang perlu diperhatikan supaya overheat tidak terjadi, berikut adalah uraian penyebab overheat pada mobil;

Penyebab Overheat Pada Mobil

Penyebab Overheat Pada Mobil (Sumber Gambar : autorepairboulder)

Air pada radiator

Sering sekali pengguna mobil lalai. Padahal untuk memeriksa cairan pendingin pada radiator cukup mudah. Anda hanya perlu melihat apakah volumenya cukup, jika kurang maka ada baiknya Anda menambahkannya sesuai standar.

Kondisi radiator

Bila air pada radiator sering cepat habis, bisa saja komponen radiator mobil Anda bocor. Ini bisa disebabkan oleh adanya karat yang rontok sehingga bocor di dalamnya.

Periksa juga apakah kondisi radiator yang kotor dan menyebabkan sirkulasi air tidak berjalan dengan semestinya. Kemudian, periksa juga kondisi selang besar radiator, yang sering menjadi masalah pada mobil yang cukup tua.

Thermostat rusak

Thermostat adalah suatu komponen yang berguna menstabilkan aliran air yang berputar. Otomatis jika komponen ini tidak berfungsi dengan semestinya atau rusak aliran air akan bermasalah dan berbuntut pada suhu mesin yang tidak normal dan bisa menyebabkan overheat.

Water pump atau Pompa Air

Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang paling vital. Selain berguna sebagai pompa, water pump atau pompa air ini mempunyai peran dalam sirkulasi air yang menuju mesin untuk proses pendinginan.

Rusaknya water pump atau pompa air dapat disebabkan usia dari komponen tersebut. Apalagi komponen yang terendam air dapat menimbulkan karat. Sebab itu, sebaiknya melakukan pengurasan radiator secara rutin dan berkala. Pastikan juga air yang diisi pada radiator mempunyai kualitas yang bagus.

Demikianlah uraian tentang Penyebab Overheat Pada Mobil, rawatlah semua komponen mobil Anda secara seksama dan berkala dan jauhi semua penyebab yang merugikan kendaraan agar Anda tetap nyaman berkendara dimanapun.

Penyebab Overheat Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5