Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya

Monday, August 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya – Mengantuk merupakan gejala alami yang pasti dialami oleh tubuh. Tandanya, tubuh membutuhkan istirahat guna melakukan penyegaran. Walaupun di supply makanan serta minuman suplemen, tetapi rasa kantuk tidak bisa menghilang 100%.

Tanpa sadar, Anda kerap memaksakan untuk terus berkendara serta mengabaikan rasa kantuk. Padahal bila kantuk datang meskipun sedikit, resiko bahaya selalu ada. Tidak hanya bahaya bagi pengendara tetapi juga bahaya bagi penumpang.

Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya (Sumber Gambar : indianapilaw)

Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan kantuk, apalagi untuk Anda yang sering melakukan perjalanan yang jauh atau touring. Berikut ini, harus diketahui penyebab rasa kantuk saat berkendara dan solusi mengatasinya.

Keadaan Alam
Kenapa ketika berkendara pada keadaan alam segar, seperti pegunungan, mudah mengantuk? penyebabnya adalah kandungan oksigen di wilayah pegunungan cenderung lebih rendah dibanding wilayah datar sehingga dapat mempengaruhi kondisi tubuh.

Solusinya, mengatur pernafasan. Tarik nafas dalam-dalam atau lebih panjang supaya kandungan oksigen yang diterima oleh tubuh bisa diikat sel darah merah cukup banyak.

Bosan
Kondisi jalan yang lurus sering menjemukan, sehingga perasaan bosan serta kantuk sering mendera.

Solusinya, mengatur kecepatan ideal serta nikmati suasana alam di sekitar jalanan. Bisa juga berhenti sejenak guna istirahat. Ketika Istirahat, lakukanlah olah tubuh serta atur pernafasan.

Ketegangan
Kondisi yang tegang sangat berpengaruh besar pada fisik. Tubuh cenderung mudah lelah serta menimbulkan kantuk. Umumnya terjadi ketika perjalanan jauh, dalam kemacetan, dan padatnya perjalanan.

Solusinya, mengatur nafas secara konstan supaya tubuh lebih rileks, pilih rute jalan yang bervariasi.

Demikian artikel Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya. Semoga dapat menjadi wawasan tambahan bagi para pengemudi dan pembaca sekalian

Penyebab Rasa Kantuk Saat Berkendara Dan Solusi Mengatasinya | Rudiyanto | 4.5