Penyebab Rembesan Oli Dan Seal Oli Bocor

Saturday, October 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Rembesan Oli Dan Seal Oli Bocor – Pada sepeda motor rakitan lawas, oli mesin sering merembes melewati komponen seal. Apabila diabaikan, tentunya oli pada mesin akan semakin berkuran dan pastinya akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan.

Penyebab Rembesan Oli Dan Seal Oli Bocor

Penyebab Rembesan Oli Dan Seal Oli Bocor (Sumber Gambar : forums.sohc4)

Tentu saja cara memperbaikinya adalah dengan mengganti seal pada bagian luar. Harganya cukup beragam, tetapi pada umumnya seal di motor matik lebih relatif mahal dikarenakan jumlahnya yang lebih banyak daripada motor bebek. Apabila seal motor bebek mempunyai kirasan harga Rp 100 ribu, maka seal sepeda motor matik bisa menyentuh kisaran harga Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu.

Meskipun sudah diganti, bukan tak mungkin masalah pada komponen seal akan kembali lagi. Oleh karena itu, wajib diketahui apa saja yang menyebabkan seal cepat rusak. Ada banyak penyebab mengapa seal tersebut cepat rusak.

Salah satu dari penyebab seal motor cepat rusak adalah dikarenakan seal terpapar suhu panas dari mesin. Seal pasti akan rusak, tetapi berbeda jika seal yang dipakai asli. Seal asli tentu akan lebih tahan lama sementara itu jika seal `kw` cenderung akan lebih cepat rusak.

Pada seal `kw` paling lama bertahan tidak lebih dari masa pakai satu tahun. Terlebih bila motor dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Selain dikarenakan paparan suhu panas yang memang tidak dapat dihindari, ada pun penyebab yang dapat diantisipasi, yakni takaran oli mesin. Oli yang cenderung melebihi takaran standar juga dapat menyebabkan seal cepat rusak.

Contohnya, pada motor lawas biasanya kapasitas standar oli mesinnya 800 cc. Pemakaian oli berkapasitas lebih dari mesin tersebut, contohnya 1 liter, akan menyebabkan tekanan pada dinding blok mesin menjadi lebih kuat.

Oli pun dapat merembes melewati beberapa jalur lain, semisal pada sela packing mesin motor. Ini disebabkan oleh karena packing memang telah rusak ataupun pemasangannya yang tidak presisi.

Penyebab Rembesan Oli Dan Seal Oli Bocor | Rudiyanto | 4.5