Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret

Thursday, November 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret – Kadang-kadang, roda belakang pada motor otomatis tidak bekerja sebagaimana dengan mestinya. Perputarannya sering terasa “seret”, yang biasanya terasa pada saat motor di standar tinggi, seperti pada saat dipanaskan di pagi hari.

Beberapa Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret

Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret

Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret (Sumber Gambar : kaskus)

Mengapa hal tersebut dapat terjadi atau apakah penyebab roda belakang sepeda motor seret?. Penyebabnya bisa saja dari kampas kopling. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kampas kopling, ujarnya seorang mekanik berpengalaman.

Suara seret disebabkan oleh karena adanya keausan pada bagian mur pengunci kampas kopling dan mangkuk kopling itu sendiri. Keausan dapat menyebabkan mur dari pengunci kampas kopling menempel pada mangkuk kopling.

Semakin kerasnya mur pengunci pada kampas kopling, maka roda belakang dapat semakin seret, hingga bahkan bisa macet.

Mangkok kopling yang mempunyai bentuk fisik yang sudah tidak baik juga bisa jadi sebab lainnya. Bentuk dari fisik yang sudah tak sempurna menjadi kinerja kopling tak normal. Dan akhirnya masalah tersebut menular pada ban belakang yang macet.

Mangkok kopling yang dirasa sudah tak sempurna disebabkan oleh karena pengendara sering memacu gas secara tiba-tiba ketika mesin masih dalam keadaan dingin.

Serupa tetapi tidak sama, oli transmisi ataupun oli gardan yang kemasukan oleh air atau tidak pernah diganti pun bia jadi penyebab kinerja pada motor tidak maksimal. Tetapi masalah tersebut lebih mengenai pada suara CVT yang cukup berisik, dikarenakan gesekan setiap komponen semakin kasar.

Penyebab Roda Belakang Motor Matic Seret | Rudiyanto | 4.5