Penyebab Rusaknya Kabel Speedometer Sepeda Motor

Saturday, October 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Rusaknya Kabel Speedometer Sepeda Motor – Motor yang telah beredar pada saat ini tidak semuanya mempergunakan sistem speedometer berbasis digital. Guna menekan harga, pabrikan mendesain motor dengan sistem speedometer yang bekerja secara manual dengan menggunakan kabel sling.

Penyebab Rusaknya Kabel Speedometer Sepeda Motor

Penyebab Rusaknya Kabel Speedometer Sepeda Motor (Sumber Gambar : youtube)

Pada jenis speedometer tersebut Anda harus sering melakukan pemeriksaan terhadap kinerjanya. Umumnya rangkaian kabel pada speedometer mempunyai usia pemakaian yang tergantung pada jarak tempuh.

Terlihat pada jarum speedometer, jika sedang berjalan pelan naiknya jarum akan terlihat bergetar. Lama-lama jika sudah mengalami kerusakan, rangkaian kabel speedometer jarum tidak jalan. Umumnya sepeda motor dengan umur dua tahun mulai terlihat ciri kerusakannya.

Penyebab kerusakan tersebut paling sering terjadi pada kawat sling dan bagian gigi nanas atau gearbox speedometer pada poros roda, yang mana komponen tersebut mulai aus. Apalagi, bagian tersebut sering luput dari maintenance atau perawatan sehingga cukup rentan menjadikan bagian dari gigi nanas rusak.

Kabel tersebut berputar secara terus menerus mengikuti roda depan, terlebih jika sepeda motor kerap melaju kencang. Gigi nanas sebetulnya perlu perawatan pula, dengan cara dibersihkan serta diolesi pelumas secukupnya agar tidak cepat aus atau seret ketika berputar. Apalagi pada musim hujan, tentunya komponen ini tidak boleh diabaikan jika ingin speedometer bekerja dengan baik.

Jika sudah rusak, baik itu kabel maupun gearbox speedometer tersebut. Tidak dapat diakali dengan cara lain. Mau tak mau pemilik sepeda motor wajib mengganti satu set keseluruhannya.

Selalu perhatikan kebersihan setiap detail sepeda motor Anda, semuanya demi kenyamanan dalam fungsi dari seluruh komponen sepeda motor termasuk speedometer yang berguna mengukur kecepatan berkendara Anda.

Penyebab Rusaknya Kabel Speedometer Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5