Penyebab Rusaknya Suspensi

Saturday, August 6th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Rusaknya Suspensi – Unsur kenyamanan dalam kendaraan khususnya mobil tentu menjadi faktor yang tidak dapat ditinggalkan. Banyak komponen yang mendukung kenyamanan pada mobil, salah satunya adalah suspensi. Apa yang terjadi bila suspensi telah rusak ataupun ayunanya terlau keras. Imbasnya tentu pada kenyamanan dalam berkendara akan sangat berkurang. Apalagi pada saat bermanuver di tikungan, mobil pasti tidak stabil. Lalu apa saja penyebab rusaknya suspensi?.

Penyebab Rusaknya Suspensi

Penyebab Rusaknya Suspensi

Penyebab Rusaknya Suspensi (Sumber Gambar : youtube)

Penyebab Suspensi pada Mobil Keras adalah bocornya oli pada sock absorber, sehingga gerakan traksiĀ dari suspensi akan berlangsung cepat dan mengakibatkan suspensi terasa keras.Gaya berkendara juga berperan pada bocornya oli tersebut. Gaya berkendara yang dapat menyebabkan suspensi cepat rusak misalnya pada saat melintasi lubang dengan kecepatan yang tinggi, atau justru melakukan pengereman pada saat melewati jalan berlubang. Pada saat di rem maka beban kendaraan tentunya akan bertumpu di bagian depan, dengan begitu suspensi bekerja lebih berat. Selain itu ada lagi beberapa penyebab suspensi mobil keras dan penyebab rusaknya suspensi antara lain adalah sebagai berikut:

Pemasangan Upper Mounting Tidak Pas
Jika bearing upper mounting tidak pas maka dapat mengakibatkan suspensi atau sockbreker tidak dapat duduk dengan benar. Akibatnya adalah suspensi berfungsi melebihi batas wajar. karenanya, pada saat pemasangan suspensi harus diperhatikan dengan benar dan jangan sampai tidak pas.

Sering Berkendara di Jalan Berlubang
Bila Anda sering mengemudi mobil pada jalanan yang berlubang tentu saja imbasnya akan mempercepat masa pakai suspensi. Hal ini dikarenakan suspensi bekerja lebih ekstra dan melampaui batas wajarnya. Apalagi mobil Anda merupakan jenis hatchback atau sedan.

Usia Pemakaian
Hal ini memang tidak dapat dihindari, bila usia pemakaian suspensi sudah cukup lama maka bisa saja oli didalamnya bocor dan mengakibatkan suspensi mobil akan terasa keras. Kebocoran oli ini sebenarnya dapat diamati secara visual. Apabila terlihat oli pada badan suspensi bisa saja oli suspensi bocor. Indikasi lain dapat dilihat ada debu yang menempel tebal pada bagian tententu.

Bila oli sockbreaker sudah bocor sebetulnya ada beberapa bengkel yang dapat memperbaikinya. Umumnya diakibatkan oleh karet seal-nya yang sudah rusak. Tetapi bila Anda tidak ingin mengambil resiko, lebih baik di ganti dengan yang baru. Demikianlah uraian mengenai penyebab rusaknya suspensi pada kendaraan. Semoga bermanfaat.

Penyebab Rusaknya Suspensi | Rudiyanto | 4.5