Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak

Thursday, January 26th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak – Pabrikan atau produsen mobil, biasanya membalut kemudi atau setir mobil dengan material semi kulit, ataupun karet. Pada sejumlah mobil kelas premium, perangkat kemudi tersebut juga diberikan sentuhan aksen kayu untuk pemanis.

Akan tetapi, bukan berarti material tersebut tidak dapat rusak. Sebab, kemudi atau setir selalu akan bersentuhan dan juga bergesekan dengan tangan si pengemudi.

Faktor Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak

Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak

Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak (Sumber Gambar : urdutribe.com)

Ada beberapa penyebab dari rusaknya setir mobil, yaitu keringat, cincin, dan juga panas sinar matahari.

Keringat merupakan zat yang cukup tajam, jadi ada baiknya jaga kebersihkan dari setir mobil, bila tidak ingin karetnya cepat getas, ataupun mengelupas.

Sesudah itu, untuk cincin, dikarenakan sering sekali bergesekan dengan pelapis kemudi atau setir mobil, maka material pelapis akan dengan mudah menipis dan bisa saja koyak. Sebab itu, disarankan untuk mengemudi tanpa mengenakan cincin.

Masalah warna pelapis setir atau kemudi yang pudar, sinar ultraviolet matahari merupakan penyebabnya. Disarankan mobil tidak sering di parkir pada luar ruangan.
Biasanya, setir akan mulai tampak kusam, ataupun rusak bila sudah digunakan lebih dari 5 tahun. Dan hal tersebut berlaku untuk setir mobil yang sangat jarang dirawat.

Dengan demikian, hindarilah penyebab setir mobil cepat rusak tersebut dengan cara melakukan beberapa perawatan dan juga pencegahan untuk tidak parkir di bawah sinar matahari yang cukup terik secara langsung.

Penyebab Setir Mobil Cepat Rusak | Rudiyanto | 4.5