Penyebab Shockbreaker Kiri Depan Rawan Bocor

Monday, May 8th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Shockbreaker Kiri Depan Rawan Bocor – Salah satu problem atau masalah yang sering menimpa suspensi bagian depan sepeda motor adalah kebocoran oli. Kebocoran tampak melalui rembesan pada celah karet seal. Apabila dibiarkan, tentunya kenyamanan dalam berkendara akan berkurang.

Penyebab Shockbreaker Kiri Depan Rawan Bocor

Penyebab Shockbreaker Kiri Depan Rawan Bocor (Sumber Gambar : pixabay)

Kebocoran tersebut sendiri disebabkan oleh karena sejumlah hal. Pada shockbreaker bawaan pabrik, umumnya kerusakan tersebut disebabkan karet seal yang telah mengeras ataupun melar. Bisa juga dikarenakan pemasangan yang kurang presisi bila shock merupakan produk aftermarket.

Menariknya, di motor-motor tertentu kebocoran cuma terjadi pada shock bagian kiri saja. Motor-motor tersebut merupakan sepeda motor yang tidak dilengkapi oleh standar tengah.

Dikarenakan tidak adanya standar tengah, maka setiap standar harus menggunakan standar samping, dan beban pun menumpuk pada sisi kiri shock saja. Di sanalah terdapat kecenderungan oli shock bocor sebelah.

Beberapa sepeda motor yang mengalami masalah tersebut memang umumnya yang berjenis full fairing. Selain dari Ninja 250, sejumlah sepeda motor lain yang juga tidak memakai standar tengah atau center stand diantaranya adalah Honda CBR250 serta Yamaha R15.

Ada pula alasan tidak memakai standar tengah sendiri antara lain adalah tentang aerodinamika. Selain dari itu, bagian bawah kendaraan-kendaraan tersebut biasanya sudah tertutup oleh fairing. Tanpa adanya standar tengah, sepeda motor pun tampak lebih ramping. Misalnya pada Yamaha Xabre.

Jika ada sepeda motor yang mempunyai standar tengah, maka oli dari shock yang bocor tidak lain dikarenakan oleh faktor pemakaian. Biasanya memang dua atau tiga tahun pemakaian sudah terjadi kebocoran.

Penyebab Shockbreaker Kiri Depan Rawan Bocor | Rudiyanto | 4.5