Penyebab Suara Bising Pada Mesin Motor Bagian Kiri

Friday, June 16th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Suara Bising Pada Mesin Motor Bagian Kiri – Kondisi dari mesin sepeda motor sebenarnya bisa diketahui lewat indra pendengaran. Pada saat seluruh komponen mesin berjalan baik, maka suaranya akan terdengar cukup halus, dan tidak terdengar suara yang aneh sedikitpun.

Penyebab Suara Bising Pada Mesin Motor Bagian Kiri

Penyebab Suara Bising Pada Mesin Motor Bagian Kiri (Sumber Gambar : flickr)

Sebaliknya, pada kondisi tak biasa, suara yang terdengar akan aneh. Misalnya, terdengarnya bunyi “kretek-kretek” pada mesin bagian kiri. Apakah yang akan terjadi pada mesin pada saat bunyi tersebut keluar?

“Umumnya bila berisik di mesin bagian kiri itu dikarenakan rantai ketengnya sudah kendor. Seperti rem bila sudah kendur suara yang muncul”. Rantai keteng, alias rantai mesin, merupakan komponen kecil yang menghubungkan roda gigi poros nok atau noken as yang merupakan penggerak dari rocker arm. Dengan sederhana, komponen tersebut berfungsi guna menggerakkan katup hisap dan juga buang.

Fungsinya tersebut mengharuskan rantai keteng pada keregangan yang sesuai. Pada saat sudah kendor, maka yang akan terjadi adalah rantai dapat bergesekan dengan komponen mesin terdekat lainnya. Dengan demikian Muncullah suara berisik tersebut.

Namun perlu digaris bawahi, rantai keteng pada sepeda motor tidak selamanya berada di sebelah kiri. Pada sepeda motor tertentu, keteng berada di bagian kanan. Dengan demikian, diagnosa sumber suara berisik pun haruslah melihat jenis sepeda motornya.

Misalnya pada Yamaha Scorpio, rantai keteng pada motor ini berada di bagian kanan mesin. Tetapi memang lebih dominan motor yang rantai ketengnya berada di bagian kiri

Penyebab Suara Bising Pada Mesin Motor Bagian Kiri | Rudiyanto | 4.5