Penyebab Umum Ban Mobil Selip

Saturday, December 31st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Umum Ban Mobil Selip – Penyebab dari ban mobil selip sangatlah penting untuk diketahui supaya pengemudi dapat terhindar dari beberapa hal yang tidak diingankan. Ban selip atau bisa disebut juga kehilangan traksi pada permukaan jalan dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab Umum Ban Mobil Selip

Penyebab Umum Ban Mobil Selip (Sumber Gambar : Autoxpattvpro)

Ban mobil selip umumnya disebabkan oleh kendaraan yang melewati jalan dengan permukaan licin. Bisa pula dikarenakan ban sudah gundul, melampaui TWI atau thread wear indicator, dan mengakibatkan kemampuan traksi menurun. Alur yang ada pada ban berfungsi saat melewati beragam jenis permukaan dan juga kondisi jalanan.

Ban pun bisa kehilangan traksi pada saat akselerasi atau gerakan mendadak atau wheel spin, sehingga berputar pada tempat beberapa saat. Ban pun bisa kehilangan traksi ketika pengereman yang mendadak Dan menyebabkan roda menjadi terkunci tanpa sistem ABS atau Anti-lock Braking System, sehingga jarak dari pengereman menjadi semakin jauh dan kemudi tidak bisa diarahkan.

Saat menikung, ban juga bisa selip dikarenakan sejumlah faktor. Semisal understeer, yaitu ban depan kehilangan traksinya dan umum terjadi pada mobil dengan penggerak roda depan. Kemudian oversteer, ban belakang yang kehilangan traksinya dan umum terjadi pada mobil dengan penggerak roda belakang. Kemudian neutralsteer, yang mana keempat ban pada mobil kehilangan traksi dan bisa terjadi pada mobil dengan penggerak empat roda.

Jadi penyebab dari ban selip sangat banyak dan kita harus bisa mengantisipasi supaya tidak kaget dan salah dalam memperlakukan kendaraan yang sedang dikemudikan.

Tanda-tanda dari ban yang kehilangan traksi ketika permukaan jalan kering umumnya akan mengeluarkan suara decitan dari ban. Sedangkan di permukaan jalan basah umumnya pengemudi bisa merasakan langsung di lingkar kemudi yang menjadi sukar untuk diarahkan.

Penyebab Umum Ban Mobil Selip | Rudiyanto | 4.5