Penyebab Utama Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Monday, July 24th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Utama Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap – Sisi kenyamanan ketika berkendara, tentunya didukung peranti kecil lainnya semisal AC. Selain bisa memberikan udara sejuk, AC juga mempunyai banyak fungsi.

Penyebab Utama Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Penyebab Utama Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap (Sumber Gambar : Pixabay)

Pada saat hujan turun, secara otomatis cuaca dari sisi luar kabin yang terlalu dingin tidak seimbang dengan udara di dalam kabin. Sehingga apabila tidak menyalakan AC, kaca mobil berkabut ataupun berembun. Dengan demikian jarak pandang ketika mengemudi akan terganggu.

Oleh karena itu, bila fungsi dari AC mobul sudah bermasalah, kenyamanan berkendara akan berkurang. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan perawatan serta mencegah kerusakan supaya AC mobil tetap bisa bekerja secara maksimal.

Akan tetapi, permasalahan yang cukup serius, bila AC masih dingin, tetapi tercium bau yang kurang sedap dari dalam kabin. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Apabila AC tercium bau dapat disebabkan dari pemakaian pengharum ruangan mobil yang sembarangan. Alasannya, bila bahan yang dipergunakan dalam pewangi dalam kabin tersebut kualitasnya dinilai rendah, bisa saja cepat mengotori evaporator serta sulit untuk dibersihkan.

Kotoran atau debu yang ada di kabin menjadi ponyebab utama bila hembusan AC bau dan juga tidak dingin. Umumnya kotoran serta debu tersebut datang ketika berkendara dalam kondisi jendela yang terbuka dan alas kaki yang kotor.

Jika bagian dalam kabin mobil sering kotor, dengan segera kotoran tersebut menempel pada evaporator serta menimbulkan jamur. Jika sudah begitu, ketika AC memerlukan penyaringan dari komponen evaporator, udara yang dihasilkannya menjadi bau apek.

Selain itu, untuk Anda yang seringkali merokok di dalam kabin sebetulnya dapat dikatakan kurang baik. Kenapa? karena asap rokok mengandung nikotin tersebut bisa dengan mudah menempel pada komponen evaporator dan nantinya akan jadi lender. Inipun bisa jadi penyebab penyebab utama AC bau.

Penyebab Utama Kabin Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap | Rudiyanto | 4.5