Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya

Thursday, November 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya – Salah satu ciri yang khas dan paling diingat pada Vespa tua atau klasik adalah suara knalpotnya yang Nembak. Suaranya begitu cukup keras, sehingga akan sangat mengganggu.

Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya (Sumber Gambar : modifikasi.com)

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? penyebabnya dikarenakan platina, yakni komponen sistem pengapian yang khas pada Vespa 1980an.

Periksalah kerenggangan pada platina. Jika platinanya sudah dirasa jelek umumnya suara knalpot akan Nembak.

Platina yang bagus jarak pada kerenggangannya antara 0,3 mm hingga 0,5 mm, atau cuma berjarak satu lembar kertas saja. Pada kondisi knalpot brebet ataupun nembak, kerenggangan tersebutlah yang dirasa berubah.

Apabila hal tersebut terjadi, maka jalan keluarnya tidak lain adalah mencoba menormalkan kembali jarak kerenggangan. Yang pertama, prosesnya adalah dengan membuka cover lubang kipas magnet. Setelah itu sediakan obeng ataupun palu dengan ukuran yang kecil guna menormalkan jarak kerenggangan tersebut.

Caranya, dengan memukul dengan perlahan kerenggangan jarak permukaan platina tersebut. Namun harus diingat supaya tidak terlalu rapat kerenggangannya. Alasannya justru Vespa tua tersebyt bisa saja mati total.

Inti dari masalah atau penyebab vespa tua Nembak ini berhubungan dengan sistem pengapian. Kondisi pengapiannya dirasa lemah, dan tentunya harus segera dinormalkan lagi supaya vespa tua tersebut bisa dikendarai dengan nyaman.

Demikianlah penjelasan mengenai Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya. Semoga bisa menjadi wawasan tambahan bagi para pemilik Vespa tua dan pembaca sekalian.

Penyebab Vespa Tua Nembak Dan Cara Mengatasinya | Rudiyanto | 4.5