Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang

Friday, July 21st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang – Menggunakan tipe ban tubeless pada kendaraan bermotor diklaim lebih praktis. Salah satu yang merupakan kelebihan yang ditawarkan ban tipe ini yaitu tidak mudah kempes bila menghantam suatu benda tajam, ataupun dalam kondisi bocor. Ini dikarenakan ban tersebut sudah tidak menggunakan ban dalam.

Kelebihan lain dari ban ini, ban tubeless diklaim lebih menggigit serta stabil apabila dibawa menikung ataupun bermanuver pada kecepatan tinggi. Meskipun menawarkan beragam kelebihan, ban tipe ini juga memerlukan perawatan supaya berumur panjang.

Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang

Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang

Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang (Sumber Gambar : wikipedia)

Semua tipe ban mempunyai perawatan yang tetap harus dilakukan supaya ban bisa bekerja dengan lebih maksimal, Begitu juga ban tubeless. Berikut tips Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang:

Tekanan Angin

Penyesuaian pada tekanan hanya bisa dilakukan ketika ban dingin. Tekanan angin pada ban depan sekitar 32 psi dan pada ban belakang 38 sampai 40 psi.

Hindari Lem Cair

Janganlah menutup lubang pada ban tubeless dengan lem cair ataupun lem ban. Cairan tersebut akan menyebar pada permukaan ban yang bisa berakibat kerusakan pada permukaan yang sebenarnya tidak mengalami kebocoran. Tamballah bocoran dengan potongan ban yang ditempel dengan menggunakan lem.

Pemeriksaan Rutin

Di bagian telapak ban harus diperiksa secara rutin guna mendeteksi sejumlah kerusakan yang terjadi pada ban.

Hindari Beban Berlebih

Ketika Anda berkendara, harus diperhatikan beban pada kendaraan. Karena beban yang terlalu berat bisa mempengaruhi sistem kerja dari ban.

Perawatan Ban Tubeless Supaya Berumur Panjang | Rudiyanto | 4.5