Perawatan Busi Mobil dan Motor

Tuesday, September 20th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Perawatan Busi Mobil dan Motor – Busi adalah komponen pengapian yang ada dalam mesin, mesin mobil atau mesin motor. Fungsi busi adalah memercikan api ketika proses pembakaran berlangsung dalam silinder mesin. Dikarenakan busi merupakan komponen yang berada di dalam ruang bakar, pastinya busi akan mengalami perubahan warna ketika baru dibeli dan ketika sudah digunakan. Busi yang telah dipergunakan biasanya terlihat hitam jika dikeluarkan dari tempatnya pada kepala silinder. Hal ini tentunya akan menghambat kinerja mesin bila busi tidak dirawat dan dibersihkan.

Cara Melakukan Perawatan Busi Mobil dan Motor

Perawatan Busi Mobil dan Motor

Perawatan Busi Mobil dan Motor (Sumber Gambar : youtube)

Dibawah ini adalah cara perawatan busi mobil dan motor secara sederhana memanfaatkan alat yang sederhana pula dan dapat dilakukan dimanapun jika mengalami penurunan performa pada mesin kendaraan Anda ketika diperjalanan maupun di rumah

Perawatan Busi Mobil

Busi mobil umumnya ada 4 atau bisa lebih, adapun yang memakai 3 busi namun umumnya memakai busi lebih dari 1 tergantung kapasitas silinder mesin. Perawatan busi mobil cukup memakan waktu karna sebaiknya antara busi yang terdapat pada suatu mesin mobil harus mempunyai percikan api yang seimbang. Merawat busi dapat dilakukan dengan membuka busi satu per satu. Sesudah membuka, bersihkan busi dari kotoran yang ada pada elektroda busi tersebut. Bersihkanlah dengan mempergunakan lap kering jika busi basah karena sisa bensin. Sesudah itu bersihkanlah kedua titik elektroda busi dengan mempergunakan amplas halus. Atur jarak kedua titik elektroda busi mempergunakan feeler guage sesuai standard pengapian. Setelah itu pasang busi dengan benar jangan sampai longgar. Ulangi proses tersebut untuk semua busi yang digunakan.

Perawatan Busi Motor

Merawat busi pada motor kurang lebih sama prosesnya dengan merawat busi mobil. Lepaskanlah busi dari kepala silinder, bersihkan sisa bensin jika busi basah, bersihkan puka elektroda busi dari kerak sisa pembakaran, atur jarak elektroda, amati loncatan api yang terdapat pada elektroda, pasang kembali busi serta hangatkan mesin 15 menit atau lebih.

Demikian tulisan tentang Perawatan Busi Mobil dan Motor yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi acuan bagi para pembaca supaya selalu memperhatikan kelayakan mesin pada mobil dan motor.

Perawatan Busi Mobil dan Motor | Rudiyanto | 4.5