Perawatan Harian Pada Rem Kendaraan

Thursday, May 4th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Perawatan Harian Pada Rem Kendaraan – Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk jenis kendaraan apapun. Komponen ini berfungsi guna menghentikan laju dari roda dengan sejumlah sistem. Ada yang cuma menggunakan minyak, tetapi ada juga yang memanfaatkan udara.

Perawatan Harian Pada Rem Kendaraan

Perawatan Harian Pada Rem Kendaraan (Sumber Gambar : pixabay)

Karena peran yang sangat sentral itu, sudah semestinya semua pemilik dari kendaraan memperhatikan sektor keselamatan ini. Ada sejumlah perawatan reguler yang bisa dilakukan supaya rem tetap pada kondisi yang maksimal, dan tentunya dengan biaya yang tidak terlalu mahal juga.

Hal yang Paling dasar yakni haruslah rajin mengontrol tabung minyak atau master rem. Sebab apabila minyak rem kotor, terkadang beresiko mampet. Jika mampet, kerja dari hidroliknya pun akan terganggu.

Selain minyak yang kotor, takaran dari minyak rem yang terlihat sedikit pun patut untuk diperhatikan. Sama halnya seperti minyak kotor, minyak rem yang sudah mencapai low level atau sedikit dapat mengganggu kinerja sistem pengereman.

Pada kendaraan roda 4 atau mobil, minyak rem bisa dilihat dengan membuka tutup dari reservoir pada silinder utama. Permukaan minyak rem harus ada diantara garis pembatas yang ada pada dinding reservoir. Celupkanlah jari guna melihat kondisi dari minyak rem.

Setelah jadi dicelupkan, lihatlah warnanya. Kalau sudah terlihat kotor tentunya wajib untuk ganti. Selain memang telah kotor. Disarankan supaya minyak rem diganti secara reguler, minimalnya 1 tahun sekali.

Selain dilihat dengan langsung, rem kendaraan yang terindikasi harus sesegera mungkin diganti pada saat terasa gejala kurang enak ketika menginjak tuas rem.

Perawatan Harian Pada Rem Kendaraan | Rudiyanto | 4.5