Perawatan Ringan Sepeda Motor Sesudah Kehujanan

Friday, February 17th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Perawatan Ringan Sepeda Motor Sesudah Kehujanan – Hujan yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia bisa berpengaruh pada kendaraan. Hal tersebut pastinya membuat sebagian besar pemilik kendaraan seperti sepeda motor harus lebih memperhatikan kendaraan roda duanya yang digunakan. Air hujan sangat mempunyai efek tajam untuk sepeda motor, dikarenakan rentan akan karat jika tidak segera dibersihkan.

Perawatan Ringan Sepeda Motor Sesudah Kehujanan

Perawatan Ringan Sepeda Motor Sesudah Kehujanan (Sumber Gambar : pixabay)

Sangat disarankan pemilik dari sepeda motor sesegera mungkin melakukan bersih-bersih pada kendaraan bila digunakan untuk menembus hujan.

Melakukan pencucian atau pembersihan sepeda motor, kemudian mengeringkan dengan pengelappan ataupun menyemprotkan angin serta kemudian memberi pelumasan ulang terhadap komponen yang bergesekan ataupun bergerak.

Supaya mesin sepeda motor tetap optimal, pemilik dari kendaraan disarankan juga untuk menjaga bagian kelistrikan sepeda motor dengan menghindari sejumlah genangan air ketika berkendara.

Hindarilah genangan air yang cukup dalam serta banjir yang bisa merendam sebagian ataupun seluruh bagian komponen mesin serta kelistrikan. Sedangkan untuk perawatan sepeda motor, pemilik lebih baik rutin melakukan pengecekkan tutup oli mesin supaya terhindar dari kebocoran. Kemidoan periksalah tutup busi dari potensi kebocoran yang bisa mengakibatkan korsleting, dan perhatikanlah kabel bodi dari potensi pengelupasan ataupun kemasukan air.

Pada saat akan mengeringkan sepeda motor dengan cara dilap ataupun saat akan disemprot angin kompresor, periksalah komponen aki, khususnya pada sepeda motor matik.

Perawatan Ringan Sepeda Motor Sesudah Kehujanan | Rudiyanto | 4.5