Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum

Wednesday, March 29th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum – Jangan heran apabila mobil yang akan Anda hidupkan mendadak tidak dapat di-starter alias mogok. Ada 2 kemungkinan yang bisa saja terjadi. Pertama, aki dari kendaraan tersebut memang sudah soak dikarenakan usia pemakaian. Kemungkinan lain aki hanya kekurangan setrum.

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum (Sumber Gambar : Wikimedia Commons)

Yang harus Anda ingat adalah tipe dari aki yang dipasang pada mobil. Sebab, mengenal aki soak pada aki tipe basah tentunya lebih mudah. Aki tipe basah dapat dilihat dengan visual, sedangkan aki tipe kering perlu menggunakan alat.

Jika secara visual dapat melihat indikator dari aki basah, karena terdapat label berwarna putih, hitam, dan juga hijau. Kalau sudah hitam artinya butuh di charge, jika putih sudah soak dan tidak dapat di-charge lagi.

Sementara itu, pada aki tipe kering tidak terdapat indikator yang menandakan kondisi secara visual yang sudah habis. Oleh karena itu, aki tipe kering memerlukan alat khusus, yang menjadi penanda daya listriknya. Apabila sudah di bawah 12 volt artinya aki sudah ngedrop.

Aki tipe kering tidak dapat di-charge, berbeda pada aki tipe basah karena sel dan juga komponen dalamannya berbeda.

Penyebab dari aki soak dan aki kurang setrum berbeda. Aki yang soak biasanya dikarenakan memang umur pemakaian dan memang mesti diganti.

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum | Rudiyanto | 4.5