Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum

Sunday, November 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum – Pernah mempunyai pengalaman mobil susah hidup setelah parkir? Bisa jadi masalah tersebut dikarenakan aki yang mulai soak, akan tetapi mungkin pula aki cuma kekurangan setrum. Pemilik mobil mesti tahu perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum.

Perbedaan Diantara Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum (Sumber Gambar : taha auto)

Aki soak artinya, kemampuan pada komponen internal saat menyimpan listrik memasuki masa pensiun. Aki merupakan baterai yang terisi ulang pada saat mesin sedang hidup. Jika soak, begitu mesin mati, tegangan listrik yang tersimpan tak lagi normal untuk menghidupkan mesin kembali.

Pada saat memutar kunci kontak untuk menghidupkan, mesin tak mau hidup. Salah satu dari indikasinya adalah, suara dinamo starter terdengar lemah.

Indikasi dari mobil tak mau hidup pun terasa sama jika aki kerkurangan setrum, tetapi beda penyebab. Aki yang soak dikarenakan pada usia pemakaian, sedangkan Aki kurang setrum dapat disebabkan oleh energi yang terbuang ketika mesin tidak hidup.

Semilas, lupa mematikan lampu pada saat parkir. Setrumnya pun tentu bisa berkurang, dan mesin pun susah hidup.

Komponen Aki mobil pada biasanya mempunyai tegangan 12 volt, dan untuk menghidupkan mesin mobil setidaknya dibutuhkan tegangan 9 volt. Aki yang sudah soak tidak ada solusinya, terkecuali diganti dengan Aki yang baru. Melakukan pergantian cairan elektrolit aki basah hanya berlaku sementara. Sedangkan pada aki yang kurang setrum masih dapat diisi ulang.

Perbedaan Aki Soak Dan Aki Kurang Setrum | Rudiyanto | 4.5