Perbedaan Headlamp dan Foglamp

Wednesday, November 16th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Perbedaan Headlamp dan Foglamp – Lampu adalah salah satu komponen yang sangat penting dari kendaraan seperti mobil. Fungsinya jelas untuk menerangi jalanan untuk membantu pengemudi, apalagi bila berkendara pada malam hari.

Ada beberapa jenis lampu. Dua di antara lampu tersebut adalah headlamp dan juga foglamp yang mempunyai fungsi yang cukup berbeda. Apakah perbedaan dari kedua lampu tersebut?.

Perbedaan Headlamp dan Foglamp

Perbedaan Headlamp dan Foglamp

Perbedaan Headlamp dan Foglamp (Sumber Gambar : olx)

Headlamp merupakan lampu utama pada penerangan jalan. Pada perkembangannya, komponen tersebut terus mengalami kemajuan. Pada saat ini, lampu utama sudah memakai teknologi multireflektor yang menjadikan cahaya lebih terang.

Pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru, headlamp juga sudah dilengkapi dengan proyektor. Hal tersebut menjadikan sorotan cahaya tertahan serta tidak menyorot secara langsung pada jalan sehingga bisa mudah dilihat oleh pengemudi lain dari arah yang berlawanan.

Selain dari headlamp, penerangan pula dibantu dengan lampu lainnya, yakni foglamp atau lampu kabut. Posisi lampu tersebut biasanya ada pada bagian bawah headlamp. Lampu tersebut baru cukup populer pada satu dekade ke belakang.

Foglamp pada awalnya berguna memecah kabut dikarenakan intensitasnya lebih kuat dibandingkan dengan headlamp. Pada saat ini, foglamp pun mampu menembus jalanan yang mempunyai cuaca ekstrem seperti ketika kabut tebal, gelap, serta hujan deras.

Warna untuk foglamp yang paling cocok adalah warna kuning. Dikarenakan, warna kuning merupakan warna yang paling baik menembus kabut.

Dengan fungsi tersebut, foglamp sebenarnya sangat diperlukan pada jenis mobil tertentu. Semisal diperuntukkan pada mobil yang memiliki karakter penjelajah seperti pada mobil SUV atau Sport Utility Vehicle.

Perbedaan Headlamp dan Foglamp | Rudiyanto | 4.5