Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika

Saturday, January 7th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika – Untuk sejumlah pemilik mobil, mengganti velg adalah salah satu cara termudah untuk mengubah penampilan dari kendaraan. Dengan cara seperti itu, mobil akan terlihat lebih gagah dari tampilan biasanya. Terlebih disaat ini pedagang velg mobil bisa dengan mudah ditemui di beberapa tempat.

Beragam model dan jenis velg mobil pun bisa ditemukan, baik itu dari kualitas impor, original equipment manufacture (OEM), ataupun replika.

Sejumlah Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika

Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika

Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika (Sumber Gambar : blackxperience.com)

Bila Anda berniat membeli velg mobil serta mengetahui kualitas velg tersebut, ada tips dasar yang dapat diterapkan guna membedakan velg asli dan velg replika. Hal yang paling mendasar yang dapat menjadi sebuah acuan adalah harga. Velg asli mempunyai banderol empat kali lebih mahal daripada velg replika.

Semisal pada velg replika ring 17 harganya pasarannya 5 jutaan, jika velg yang asli harganya berkisar 20 juta sampai 25 juta.

Hal tersebut tidak dapat menjadi patokan yang pasti, dikarenakan ada juga pedagang yang nakal dengan menjual velg replika dengan harga yang mahal dan berpendapat jika velg yang mereka jual merupakan barang asli.

Perbedaan velg mobil asli dan replika lainnya dapat dirasakan dari bobot velg tersebut. Velg asli umumnya lebih ringan daripada replikanya.

Velg replika ring 17 bobotnya sekitar 10 sampai 11 kilogram, jika velg asli bobotnya sekitar 6 kilogram, itu merupakan salah satu dari indikatornya. Tetapi tidak semua velg asli ringan, velg asli dengan ring 20 bobotnya sama dengan yang replika.

Selain bobotnya, kualitas dari pembuatan velg juga bisa membedakan. Sebab umumnya velg replika dibuat lewat proses pengecoran, sementara yang asli lewat proses tempa. Yang paling gampang dibedakan itu adalah dari proses finishing-nya, jika velg asli proses finishing sangat rapi, sementara velg replika akan tampak berantakan, bisa saja terdapat lubang pada permukaan dalam velg.

Perbedaan Velg Mobil Asli Dan Replika | Rudiyanto | 4.5