Perhatian Untuk Mobil Dengan Sistem ABS

Friday, November 4th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Perhatian Untuk Mobil Dengan Sistem ABS – Dianggap merupakan salah satu komponen pelengkap keselamatan, teknologi pengereman ABS atau anti-lock braking system telah dipergunakan hampir pada setiap model kendaraan penumpang, bahkan pada kelas mobil murah.

Perhatian Untuk Mobil Dengan Sistem ABS

Perhatian Untuk Mobil Dengan Sistem ABS (Sumber Gambar : truckabout)

Akan tetapi, layaknya pada komponen kendaraan umum, sistem pengereman tersebut juga dapat mengalami kerusakan. Dibawah ini kami akan mencoba mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai sistem rem ABS.

Kejanggalan yang akan terjadi pada sistem rem ABS umumnya mengenai malfunction pada sensor. Penyebab dari kerusakannya tersebut beragam, bisa dari kabel sensor yang putus dikarenakan digigit tikus ataupun tersangkut.

Penyebab lainnya dikarenakan kesalahan pada proses perbaikan sekitar area kaki-kaki ataupun bearing. Yang mana akan menjadikan kabel sensor terjepit, ataupun dikarenakan rotor-nya sudah rusak maupun salah pasang.

Rotor adalah bagian yang berputar bersama dengan as roda atau axle. Dalam hal tersebut sensor ABS pun ikut bekerja bersama dengan rotor guna membaca putaran roda. Jadi bisa berpengaruh pada saat rusak maupun salah pasang.

Ketiga, kerusakannya juga dapat terjadi ketika soket sensor kotor, ataupun mengalami korslet, dikarenakan terendam air. Namun hal tersebut terjadi pada mobil yang masih menempatkan soket sensor pada bagian kaki-kaki mobil.

Bisa saja bila desain sensornya tidak bagus, semisal posisi soket masih diposisikan pada kaki-kaki atau didekat sensornya. Tetapi sekarang sensor ABS biasanya menjadi satu kesatuan dengan komponen harness-nya, serta baru terhubung dengan soket pada kabin, jadi cenderung lebih aman dari air.

Tetapi tentunya yang harus diperhatikan pada saat menggunakan mobil dengan sistem ABS, yakni dengan membiasakan melakukan pemeriksaan lampu Indikator ABS. Normalnya, lampu tersebut akan padam pada saat mobil berjalan, jika lampu tersebut menyala ketika mobil digunakan, ada indikasi bahwasanya terdapat gangguan pada sistem ABS.

Perhatian Untuk Mobil Dengan Sistem ABS | Rudiyanto | 4.5