Pilih Mobil Bermesin Diesel atau Bensin?

Thursday, May 12th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Konsumen dihadapkan dengan dua pilihan jenis mesin ketika akan membeli mobil, yaitu mobil bermesin diesel atau mobil dengan mesin bensin. Lalu munculah perdebatan sejak sudah lama mengenai mana yang lebih baik antara mobil bermesin diesel dan bensin.

Hingga saat ini tidak ada hasil yang benar-benar pasti antara mobil jenis apa yang lebih baik. Pilihan itu dikembalikan lagi kepada selera konsumennya masing-masing. Namun, disamping ketidakpastian tersebut, ada sisi objektif yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih jenis mobil.

Pilih Mobil Bermesin Diesel atau Bensin?

Pilih Mobil Bermesin Diesel atau Bensin?

Pilih Mobil Bermesin Diesel atau Bensin?

Sebagaimana dikutip dari autoexpress.co.uk, ada tiga hal yang bersifat objektif yang menjadi alasan dalam memilih jenis mobil bermesin diesel atau bensin.

Performa Mesin Diesel dan Bensin

Mobil dengan mesin diesel mempunyai performa yang lebih baik pada torsi rendah, dan terkadang tenaga tersebut masih bisa dirasakan pada posisi gigi tinggi, sehingga kemampuan tersebut akan sangat membantu ketika berakselerasi seperti pada saat akan menyalip.

Sedangkan mobil dengan mesin bensin performanya akan sangat terasa pada putaran mesin atas. Untuk pengemudi yang suka tancap gas dan memanfaatkan fungsi girboks tentu akan sangat cocok dengan jenis mesin ini.

Hal ini serupa dengan ungkapan Saiful Anwar, wakil kepala bengkel Plaza Toyota Pemuda. Beliau mengatakan “Kebanyakan konsumen yang memilih mesin diesel suka dengan performa di putaran bawah, sedangkan mesin bensin mengincar power sehingga memacu kecepatan mobil”.

Perbandingan Harga Mobil Mesin Diesel dan Bensin

Harga menjadi pertimbangan kedua dalam memilih jenis mobil bermesin diesel atau bensin. Perlu untuk diketahui, produsen mobil menginvestasikan dana yang lebih besar untuk membangun sebuah mobil bermesin diesel dibanding dengan mobil bermesin bensin. Untuk itu sangatlah wajar bila harga yang ditawarkan untuk mobil bermesin diesel biasanya lebih tinggi dibanding dengan mobil bermesin bensin.

Lingkungan dan Emisi

Di kalangan masyarat sudah beredar luas anggapan bahwa mobil betenaga diesel mempunyai suara yang berisik, bau dan berasap tebal. Namun berkat terus berkembangnya teknologi, kini mesin diesel menjadi lebih baik, meskipun pada kondisi tertentu suara mesin masih terdengar nyaring. Hal ini tentu sangat berbeda dengan mobil bertenaga bensin.

Kadar emisi CO2 yang dihasilkan oleh mesin diesel lebih kecil dibandingkan dengan mesin bensin. Namun meskipun kecil di zat CO2, mesin diesel juga mengeluarkan zat lain seperti nitrogen oksida, hidrokarbon dan partikulat yang bisa mengganggu pernapasan lainnya. Di beberapa negara, contohnya Amerika, penjualan mobil bermesin diesel sangat kecil dibanding dengan mobil bermesin bensin karena adanya peraturan ketat mengenai emisi Nox.

Pilih Mobil Bermesin Diesel atau Bensin? | admin | 4.5