Posisi Kaki Yang Baik Saat Motor Berhenti

Saturday, May 20th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Posisi Kaki Yang Baik Saat Motor Berhenti – Masih sangat banyak cara dari berkendara yang kurang sekali diperhatikan oleh pengendara sepeda motor. Para pengendara ini umumnya lebih mengandalkan insting, termasuk dalam pengereman, berbelok, dan sebagainya.

Posisi Kaki Yang Baik Saat Motor Berhenti

Posisi Kaki Yang Baik Saat Motor Berhenti (Sumber Gambar : flickr)

Padahal, bahkan hal sederhana seperti kaki manakah yang harus diturunkan pada saat sepeda motor berhenti saja ada acuan atau ilmunya. Pada saat sepeda motor berhenti, maka sebenarnya lebih baik menurunkan kaki kiri dari pada kaki kanan.

Alasan yang sangat logisnya adalah, Kaki sebelah kiri yang diturunkan dikarenakan kaki tersebut berfungsi sebagai penginjak gigi, sementara itu kaki kanan merupakan penahan laju dari kendaraan.

Turunkanlah kaki kiri, kaki kanan sebisanya tetap pada pedal rem, guna bersiaga supaya sepeda motor tidak maju ataupun mundur. Hal tersebut berguna terlebih pada saat sepeda motor berhenti pada jalanan yang menanjak ataupun menurun. Motor haruslah dibuat statis dengan mengoptimalkan rem belakang, sebab jika mengandalkan rem bagian depan akan cukup sulit.

Bila memakai rem depan, pada saat sepeda motor harus melaju kembali, maka tangan bagian kanan akan cukup kesulitan saat memutar pedal gas, terlebih bila yang dikendarai merupakan sepeda motor kopling manual. Hal ini cukup berpotensi menyebabkan sepeda motor mundur sebelum kendaraan bergerak ke depan.

Hal serupa pun berlaku pada pengendara sepeda motor matik, walaupun tidak sesentral bila memakai sepeda motor manual. Hal ini cukup berkaitan dengan sistem berkendara jalanan Indonesia yang memakai jalur kiri.

Sistem tersebut menjadikan ruas jalanan yang semakin ke ruas kiri semakin aman, terlebih bila jalanan tersebut dua arah tanpa adanya pembatas.

Posisi Kaki Yang Baik Saat Motor Berhenti | Rudiyanto | 4.5