Posisi Mengemudi Mobil Yang Baik Dan Benar

Wednesday, October 12th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Posisi Mengemudi Mobil Yang Baik Dan Benar – Tentunya sudah banyak yang tahu mengenai cara mengemudi kendaraan, khususnya roda empat. Tetapi mungkin Anda tidak tahu bagaimanakah posisi mengemudi pengendara tersebut apakah sudah sesuai dengan standar keamanan ataukah belum. Oleh karena itu, berikut inilah standar posisi mengemudi mobil yang baik dan benar sesuai standar keamanan.

Posisi Mengemudi Mobil Yang Baik Dan Benar

Posisi Mengemudi Mobil Yang Baik Dan Benar (Sumber Gambar : wikihow)

Posisi Tangan

Tidak terlalu banyak orang yang betul-betul paham mengenai posisi mengemudi yang baik dan benar. Asalkan mobil bisa jalan serta dapat digerakkan itu saja dirasa telah cukup. Untuk posisi tangan yang baik dan benar adalah tangan kanan pada arah jam 3 serta tangan kiri pada arah jam 9 dan posisi ibu jari tidak masuk pada lingkar kemudi.

Posisi Duduk

Pada posisi duduk haruslah sesuai dengan ergonomi pada individunya. Pertama-atama aturlah dudukan, pastikan tulang ekor menempel pada sandaran serta paha tertopang seluruhnya pada dudukan. Pengaturan maju mundur dudukan dengan patokan pada saat menginjak pedal kopling bokong tidaklah mengangkat “terlalu jauh” dan tidak mengangkat paha “terlalu dekat”.

Jarak Dengan Kemudi

Pengaturan jarak dengan kemudi dengan cara menaruh pergelangan tangan kiri pada arah jam 12 lingkar kemudi. Selanjutnya, aturlah maju mundur sandaran dengan tangan kanan dan pastikan tulang belakang tertopang seluruhnya.

Pengaturan Head Restrain

Pastikanlah tengah head rest perlu sejajar dengan ujung atas telinga Anda. Dan yang paling akhir Anda bisa mengatur ketinggian kemudi dengan cara yang mudah. Guna memastikannya, Anda cukup mengukur jarak kemudi ada di posisi satu genggam dari paha.

Posisi Mengemudi Mobil Yang Baik Dan Benar | Rudiyanto | 4.5