Posisi Tubuh Yang Baik Saat Pengereman

Thursday, May 18th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Posisi Tubuh Yang Baik Saat Pengereman – Teknik pengereman sepeda motor yang baik dan benar adalah dengan perpaduan atau kombinasi diantara timing, penekanan handle rem, dan juga posisi tubuh. Dari ketiga faktor tersebut umumnya yang selalu luput dari perhatian adalah faktor yang terakhir.

Posisi Tubuh Yang Baik Saat Pengereman

Posisi Tubuh Yang Baik Saat Pengereman (Sumber Gambar : wikimedia)

Posisi badan tak boleh tegak lurus pada titik gravitasi sepeda motor. Sebaliknya, bagian pinggang ke atas semestinya diposisikan sedikit ke belakang.

Posisi tubuh yang baik benar saat pengereman haruslah agak ke belakang. Alasannya adalah dikarenakan pada saat pengereman, energi kinetik ketika sepeda motor bergerak akan terus mengalir serta menumpuk pada bagian depan sepeda motor, hingga kemudian berhenti.

Dengan metode mengayunkan tubuh ke bagian belakang, pengendara sepeda motor sejatinya harus menyeimbangkan energi kinetik yang sudah ada pada bagian depan tersebut. Kesimpulan dari posisi ini lebih berguna menyeimbangkan sepeda motor.

Apabila pengereman dilakukan secara mendadak dan tidak menggunakan teknik yang baik, kemungkinan besar ban belakang sepeda motor terangkat. Sementata itu pada saat ban terangkat pengereman sebenarnya tidaklah stabil. Dan Di sana bikers sangat berpotensi jatuh.

Teknik seperti memang tidak dapat langsung dipraktekkan. Karena sebagaimana gaya berkendara yang lain, posisi tubuh ketika mengerem pun berkaitan dengan kebiasaan, yang mana biasanya posisi tubuh justru ke bagian depan.

Posisi Tubuh Yang Baik Saat Pengereman | Rudiyanto | 4.5