Salah Kaprah Melepas Filter Udara Motor

Wednesday, March 8th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Salah Kaprah Melepas Filter Udara Motor – Semua merk atau pabrikan sepeda motor pastinya menyematkan filter atau saringan udara pada tiap produknya. Komponen filter ini berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk pada ruang bakar. Sehingga yang masuk adalah udara yang bersih, tanpa adanya kotoran seperti debu.

Salah Kaprah Melepas Filter Udara Motor

Salah Kaprah Melepas Filter Udara Motor (Sumber Gambar : pixabay)

Namun ada kalanya komponen yang penting tersebut justru diabaikan. Selain tidak dibersihkan, yang lebih ekstrem lagi adalah mencopot filter udara tersebut sama sekali.

Biasanya hal tersebut dilakukan oleh pengendara yang mencari sensasi cepat sampai pada batas yang teratas. Pencopotan saringan atau filter udara ini dianggap bisa menjadikan tarikan gas makin ringan, serta performa semakin baik dikarenakan udara yang masuk pada ruang bakar lebih banyak.

Namun sebenarnya, hal tersebut sama sekali tidaklah benar. Ada sejumlah alasan. Yang cukup jelas adalah pembakaran yang dianggap baik tidak cuma mengandalkan 1 aspek saja.

Pembakaran yang maksimal atau optimal itu ketika api, udara, dan juga bahan bakar bercampur pada takaran yang pas. Jika cuma udara yang diperbanyak, justru terjadinya pembakaran tidak akan optimal.

Ketika pembakaran tidak sempurna, bukanlah tarikan yang akan lebih baik. Justru sejumlah hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Akhirnya bensin pada tangki habis dengan lebih cepat. Tarikan pada awalnya bisa saja kencang. Yang paling penting udara dan bensinnya sesuai.

Selain dari itu, melepas saringan atau filter udara sama halnya dengan mengizinkan ruang bakar dijejali oleh partikel-partikel kotoran. Saat tidak adaanya saringan atau filter udara, maka partikel kotorran apapun bisa dengan mudah masuk pada mesin, termasuk partikel debu, pasir kecil, dan juga kotoran lain. Akhirnya, ini dapat merusak komponen mesin dengan keseluruhan.

Salah Kaprah Melepas Filter Udara Motor | Rudiyanto | 4.5