Sistem Start-Stop Pada Mobil

Saturday, December 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Sistem Start-Stop Pada Mobil – Jalanan di berbagai perkotaan diramaikan sejumlah kendaraan yang berlalu-lalang. Banyaknya jumlah kendaraan yang ada di Tanah Air menjadikan jalanan seakan tak pernah sepi. Bunyi berisik yang dikeluarkan sejumlah kendaraan yang sedang melintas telah menjadi kebiasaan untuk para pengguna jalanan. Namun suara-suara mesin kendaraan tersebut tampaknya akan hilang pada beberapa tahun ke depan.

Sistem Start-Stop Pada Mobil

Sistem Start-Stop Pada Mobil (Sumber Gambar : motorweek.org)

Hal ini bisa terjadi berkat munculnya teknologi terbaru pada kendaraan khusunya mobil yang dinamai Startt-stop system. Teknologi yang canggih ini bisa mengurangi suara kebisingan yang ditimbulkan ketika mobil sedang berhenti. Tidak cuma itu, sistem ini juga bisa menghemat konsumsi bbm alias bahan bakar minyak pada mobil yang mempunyai sistem ini.

Awalnya sistem Startt-stop ini cuma diaplikasikan pada sejumlah mobil varian terbaru, khususnya di mobil listrik dan juga mobil hybrid. Akan tetapi di masa yang akan datang sistem Start-stop ini akan dijual secara terpisah. Dengan begitu, Anda bisa memasangkan sistem Startt-stop apabila mobil Anda belum dipasang dengan pirangkat tersebut.

Dengan bertambahnya jumlah dari kendaraan yang memakai sistem tersebut, dapat dipastikan polusi udara serta polusi suara pada jalanan akan cenderung berkurang dengan cukup cepat.

Dengan penggunaan sistem Start-stop ini, sebuah mobil bisa menekan tingkat penggunaan bahan bakar mencapai 3 persen. Akat tetapi, tingkat dari keiritannya tersebut bisa bertambah apabila kendaraan yang Anda pakai merupakan mobil hybrid atau mobil listrik.

Kelebihan Sistem Start-stop Pada Mobil

Disamping irit konsumsi bahan bakar, mobil yang memakai sistem Start-stop diklain cenderung lebih ramah lingkungan. Karena polusi udara yang dihasilkan oleh knalpot mobil menjadi cukup rendah. Tidak cuma itu, sistem Start-stop ini pun cukup bermanfaat untuk Anda yang sering berkendara di wilayah perkotaan yang mempunyai banyak rambu lalu-lintas dan juga persimpangan.

Sistem Start-Stop Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5