Supaya Rantai Tidak Lepas Dari Gear

Saturday, April 1st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Supaya Rantai Tidak Lepas Dari Gear – Rantai yang terlepas dari sprocket atau gear bisa berakibat fatal. Roda belakang akan terkunci dikarenakan rantai tersangkut. Banyak sekali pengendara sepeda motor pernah mengalami hal seperti ini. Lantas, bagaimanakah caranya supaya rantai tidak lepas dari gear.

Supaya Rantai Tidak Lepas Dari Gear

Supaya Rantai Tidak Lepas Dari Gear (Sumber Gambar : pixabay)

Sebenarnya, kejadian seperti ini berawal pada saat rantai sepeda motor mulai kendur. Semakin mengendur, maka semakin berpotensi “slip”. Oleh karena itu, jalan keluarnya tidak lain adalah dengan memastikan supaya tegangan rantai tetap pada keadaan standar.

“Awalnya bisa karena jarang diberi pelumas. Jika rantai tersebut tidak diberi pelumas, tentunya akan menjadi kering. Jika sudah kering, akan lebih gampang untuk kendur. Apabila didiamkan bisa terlepas dari gear”.

Kasus semacam ini sangatlah berbahaya, terlebih bila terjadi pada jalanan yang ramai. Selain dari itu, sepeda motor juga bisa rusak parah. Dan Bahkan ada yang sampai komponen blok mesinnya pecah.

Oleh sebab itu, sangat disarankan supaya pengendara sepeda motor rutin untuk melumasi rantai. Setidaknya 2 minggu sekali, ataupun sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting janganlah terlalu lama.

Apabila suatu saat rantai sepeda motor copot dari gear tetapi tidak menyebabkan ban belakangnya mati, maka cara untuk memasangkannya kembali seperti saat memasang rantai sepeda. Sesudah terpasang disarankan untuk tidak memacu sepeda motor.

Supaya Rantai Tidak Lepas Dari Gear | Rudiyanto | 4.5