Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak

Thursday, September 1st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak – Seiring dengan waktu, cairan pada pendingin radiator akan mengalami kemerosotan kualitas, meskipun masa penggunaannya cukup lama. Hal inilah yang mengakibatkan mengapa banyak pengguna mobil yang tidak terlalu memperhatikan kondisi cairan pada pendingin mesin ini, utamanya pada mobil rakitan terbaru. Bagi mobil baru umumnya disarankan untuk melakukan pergantian cairan pendingin sampai dengan jarak tempuh sekitar 160.000 km. Sementara untuk mobil lawas, mungkin Anda perlu lebih cepat melakukan penggantian cairan pendingin itu, tetapi tetap berdasar pada buku petunjuk atau anjuran mekanik.

Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak Pakai

Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak

Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak (Sumber Gambar : micksgarage)

Tetapi daripada Anda galau mengetahui kapankah waktu yang tepat mengganti cairan pada pendingin, periksakan mobil pada bengkel radiator sesudah mobil berusia diantara tiga tahun atau lebih. Ini cukup penting, utamanya bagi mereka yang sering mencampur coolant dengan air biasa. Apabila cairan pendingin tersebut terkontaminasi, pastinya akan memicu timbulnya kerak atau karat, hal ini tentunya akan mengurangi titik didihnya. Apabila demikian, tentunya ada potensi mesin akan cenderung cepat panas.

Tanda cairan pendingin sudah tidak layak, suhu mesin pasti akan cepat meningkat dari kondisinya yang normal. Selain menguras sistem pendingin pada mesin dengan cairan pembersih yang khusus, dianjurkan pula untuk membersihkan radiator dengan cara manual ke bengkel radiator yang berpengalaman. Biasanya pada kisi-kisi radiator timbul kerak serta karat dan pastinya akan menghambat sirkulasi cairan sistem pendingin mesin tersebut.

Kami menyarankan untuk tidak mencampur coolant dengan air keran, dikarenakan hal itu bisa menimbulkan kontaminasi pada sistem pendinginan mesin, yang berakibat pada kurang maksimalnya pendinginan.

Demikianlah tanda cairan pendingin sudah tidak layak pada sistem pendingin mobil. Semoga menjadi acuan bagi para pemilik mobil untuk selalu memperhatikan kelayakan dari cairan pendingin mobil atau radiator dan tentunya menghindarkan mobil dari overheat atau panas berlebih.

Tanda Cairan Pendingin Sudah Tidak Layak | Rudiyanto | 4.5