Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing

Friday, March 10th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing – Komponen atau perangkat kaki-kaki pada mobil mempunyai peran yang sangat penting dalam segi kenyamanan berkendara. Seiring dengan lamanya penggunaan kendaraan, sistem kaki-kaki mobil bisa rusak terlebih mobil sering melintas pada jalanan berlubang.

Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing

Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing (Sumber Gambar : Wikimedia Commons)

Merawat sistem kaki-kaki pada mobil yang kerap melintasi jalanan yang rusak tidaklah begitu sulit. Pemilik mobil cuma perlu melakukan spooring dan balancing pada mobil di bengkel yang menyediakan jasa tersebut.

Mobil sebaiknya melakukan spooring dan balancing minimalnya 6 bulan sekali. Tetapi jika sudah merasakan ada keluhan, semisal bunyi ataupun setir yang menceng, sebaiknya harus sesegera mungkin dibawa ke bengkel.

Tanda mobil harus Spooring antara lain adalah pada saat setir ataupun roda kemudi kendaraan terasa lari ke arah kiri atau ke arah kanan. Spooring sendiri merupakan proses guna meluruskan kembali posisi empat roda mobil seperti awal.

Pada mobil yang kerap melintas di jalan rusak ataupun jalan berlubang umumnya posisi dari setir bisa berubah.
Kemudian, setir akan terasa berat dan seperti melayang. Serta pada ban mobil akan mengalami keausan yang tak merata. Sebaiknya sesudah melakukan penggantian komponen sistem kaki-kaki seperti pada long tie rod dan juga shockbreaker perlu dispooring supaya ukurannya sama kembali.

Sedangkan tanda mobil harus di balancing adalah ketika mobil terasa bergetar pada saat kendaraan melaju pada kecepatan 100 km/jam ataupun di atasnya. Getaran tersebut dapat dirasakan pada setir mobil bahkan pada bodi kendaraan.

Biaya untuk spooring 200 ribuan untuk 1 mobil, jika untuk balancing sebesar 50 ribuan untuk 1 ban. Akan lebih baik mobil di spooring dan balancing supaya terdeteksi dan terhindar dari kerusakan parah.

Tanda Mobil Harus Di Spooring Dan Balancing | Rudiyanto | 4.5