Teknik Berkendara Pada Tanjakan Saat Macet

Friday, August 26th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Teknik Berkendara Pada Tanjakan Saat Macet – Terjadinya kemacetan pada jalanan yang menanjak memang cukup sering. Ada banyak pengemudi mobil umumunya yang bertransmisi manual, mengalami kegugupan. Ini diindikasikan pada mesin mobil yang mati secara tiba ataupun suara bising dari knalpot yang menggerung secara lama.

Teknik Berkendara Pada Tanjakan Saat Macet

Teknik Berkendara Pada Tanjakan Saat Macet (Sumber Gambar : Liputan6)

Dua masalah tersebut sebenarnya bisa diantisipasi apabila kita mengerti bagaimana cara menyelaraskan fungsi pada kedua tuas gas serta tuas kopling pada mobil yang bertransmisi manual. Dengan kata lain Anda bisa memainkan tuas setengah kopling.

Teknik melakukan setengah kopling ini dilakukan cuma pada keadaan yang tak terlalu lama pada tanjakan, yang berarti Anda akan segera melakukan perjalanan lagi atau stop and go.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah ketika Anda sudah berada pada tengah-tengah tanjakan, maka Anda perlu menghentikan laju mobil Anda dengan menginjak kopling bersamaan dengan menahan tuas gas. Janganlah menekan gas terlalu dalam serta jangan menekan gas terlalu kecil pula. Pastikan Anda menekan gas secara pas, agar mobil yang Anda kendarai itu bisa berhenti secara sempurna.

Apabila Anda hendak melajukan mobil Anda kembali, Anda bisa melepas tuas kopling dengan perlahan. Selain demikian, Anda juga harus menyeimbangkan dengan menambahkan tekanan pada gas. Setelah itu, mobil Anda akan bergerak maju dengan perlahan, tergantung pada Anda saat mengontrol kopling dan gas.

Demikian tips teknik berkendara pada tanjakan saat macet yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian.

Teknik Berkendara Pada Tanjakan Saat Macet | Rudiyanto | 4.5